Israel Gunakan F-16i Untuk Serang Suriah? – Militer.or.id

Militer.or.id – Israel Gunakan F-16i Untuk Serang Suriah? – Militer.or.id.

Jet tempur F-16i “Sufa” Angkatan Udara Israel © Tomás Del Coro via Wikimedia Commons modified by Militer.or.id

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan Israel menyebutkan bahwa sebuah F-16i Sufa tergelincir di sebuah pankalan militer asing sambil membawa persenjataan lengkap pada pylon di bawah sayap, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Menurut pernyataan dari Israel, insiden tersebut terjadi di hari Rabu di sebuah pangkalan angkatan pertahanan udara. Sebuah jet tempur multiperan F-16i “Sufa” mengalami rusak berat akibat tergelincir selama latihan.

HARUS BACA :  V-150, Panser Andalan Yonkav 7 yang Kenyang Perang

Jet tempur yang tergelincir dari landasan pacu itu menyebabkannya bertabrakan dengan pesawat lainnya, yang kemudian terseret dari landasan pacu dan menabrak parit, beruntung kerusakan yang dialami tidak ada yang fatal.

Perlu dicatat di sini adalah bahwa pada jet tempur F-16i yang tergelincir tersebut dengan mudah terlihat bahwa itu membawa dua rudal jelajah jarak jauh Delilah. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa itu bukanlah digunakan dalam latihan rutin, melainkan untuk membuat serangan udara di Suriah.

Jet tempur F-16i “Sufa” Angkatan Udara Israel tergelincir di landasan pacu © IAF

Angkatan Udara Israel (IAF) kemudian mengumumkan secara resmi bahwa jet tempur itu telah kembali setelah melaksanakan operasi udara. Dia kembali ke darat dimana itu lantas tergelincir di landasan pacu.

HARUS BACA :  Uji Ledak dan Pemasaran Tank Pindad-FNSS
HARUS BACA :  Sesko TNI Harus Menjadi Pusat Keunggulan Berkelas Dunia

Masalah teknis disebutkan berhubungan dengan sistem hidrolik, yang membuat kemudi pilot tidak seperti yang diharapkan, tetapi untungnya kru memiliki pengalaman mengatasi masalah sehingga konsekuensinya tidak serius.

Tapi tepat setelah pengumuman militer Israel itu, banyak orang memperhatikan bahwa F-16i yang jatuh di malam hari tersebut, terjadi saat Angkatan Udara Israel sangat suka menyerang targetnya yakni Suriah juga pada malam hari.

HARUS BACA :  Kombinasi Turret Cockerill 105mm, Drone dan Rudal Falarick

Dengan durasi operasional dan waktu kecelakaan itu berdekatan dengan serangan udara baru-baru ini di Suriah oleh Angkatan Udara Israel, muncul spekulasi apakah F-16i “Sufa” itu mendapat masalah dengan sistem anti-pesawat Suriah.

Kemampuan ini relatif tidak mungkin, karena Suriah belum pernah menang atas serangan udara Israel berkali-kali sebelumnya. Juga, jika rudal Delilah ditembakkan, F-16i bisa saja menembak sistem pertahanan udara Suriah dan mundur dengan aman.

Jadi, meskipun ada beberapa poin yang perlu klarifikasi lebih lanjut, mayoritas pendapat menyatakan bahwa itu adalah kecelakaan biasa, dan bahwa misil F-16i Sufa siap melakukan serangan udara mendadak hanya jika diperintahkan.

HARUS BACA :  Suspa Advance Fighter Controller Course Ditutup

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.3k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Uji Ledak dan Pemasaran Tank Pindad-FNSS

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here