Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

AS Gunakan Kartu Taiwan dalam ‘Perang Dingin Baru’ Melawan China – Militer.or.id

Militer.or.id – AS Gunakan Kartu Taiwan dalam ‘Perang Dingin Baru’ Melawan China – Militer.or.id.

dok. Kapal induk kelas Nimitz USS Ronald Reagan (CVN 76). commons wikipedia, org

Jakartagreater.com   –  Pemerintahan Trump belum lagi menggunakan “kartu Taiwan” di tengah ketegangan yang memanas antara AS dan China, ujar akademisi mengomentari pernyataan baru-baru ini dari Direktur baru Institut Amerika di Taiwan, William Brent Christensen, dirilis Sputniknews.com, Jumat, 2 -11-2018.

“Amerika Serikat akan mengobarkan ‘perang dingin baru’ terhadap China, namun masih berusaha secara komprehensif menahannya,” kata Li Yi, seorang peneliti di Institut Chongyang untuk Studi Keuangan di Renmin University of China. “Upaya untuk memainkan kartu Taiwan semakin kuat, tetapi masih belum jelas sejauh mana Amerika Serikat akan menggunakannya.”

Pada tanggal 31 Oktober 2018, William Brent Christensen, direktur baru Institut Amerika di Taiwan, sebagian besar dianggap sebagai perwakilan AS secara de facto di pulau itu, mengatakan kepada wartawan bahwa “setiap upaya untuk menentukan masa depan Taiwan dengan cara lain selain damai, adalah keprihatinan serius ke Amerika Serikat.”

William Brent Christensen juga menggarisbawahi bahwa AS akan terus mendukung “peran substantif” Taiwan dalam komunitas internasional. Sebelumnya, 3 mantan sekutu Taiwan – El Salvador, Burkina Faso dan Republik Dominika – memutuskan hubungan diplomatik dengan Taipei dan menjalin hubungan resmi dengan Beijing.

“Sebagian besar pidato William Brent Christensen pada konferensi pers menggemakan gagasan lama dan menegaskan kembali posisi prinsip pemerintah AS,” kata Li Yi kepada Sputnik China. ” Pertama, dia mengatakan bahwa Amerika Serikat akan mendukung Taiwan sehingga akan memiliki kemampuan yang cukup untuk membela diri terhadap ancaman kekuatan.

Pernyataan ini didasarkan pada Undang-Undang Hubungan Taiwan 1979, yang akan mencapai 40 tahun tahun depan, telah menjadi konferensi pers pertama sejak William Brent Christensen mengambil menjabat. Oleh karena itu, dia lebih fokus pada menguraikan dasar-dasar kebijakan Taiwan AS selama 40 tahun terakhir. ”

Akademisi Cina menunjukkan bahwa titik paling menjengkelkan bagi Cina daratan adalah gagasan William Brent Christensen bahwa setiap upaya untuk menentukan nasib Taiwan dengan cara non-damai “adalah keprihatinan besar” ke Washington. “Apakah AS benar-benar siap mengirim pasukan ke sini,” Li Yi bertanya secara retoris.

Dia ingat bahwa pada tahun 1982, Washington dan Beijing menegaskan kembali prinsip-prinsip dasar hubungan Tiongkok-AS, yang didefinisikan oleh Komunike Shanghai tahun 1972 dan Komunike Bersama tentang Pembentukan Hubungan Diplomatik 1 Januari 1979.

“Amerika Serikat kemudian mengambil suatu kewajiban bahwa kuantitas dan karakteristik senjata yang dijual ke Taiwan tidak boleh melebihi tingkat yang ditetapkan setelah pembentukan hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan China.

Pada saat yang sama, Amerika Serikat siap untuk secara bertahap mengurangi penjualan senjata ke Taiwan, untuk akhirnya menyelesaikan masalah pada waktunya, “jelas akademisi itu.

Namun, Li Yi menyoroti bahwa AS telah gagal memenuhi janjinya. Selain itu, telah terjadi peningkatan penjualan senjata ke Taiwan selama bertahun-tahun, baik dari segi kuantitas dan kualitas. Sebelumnya Washington mengadopsi Undang-Undang Perjalanan Taiwan, yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Donald Trump pada 16 Maret 2018.

Akademik Cina menunjukkan bahwa undang-undang ini memberikan pejabat senior AS dan Taiwan dan militer dengan kesempatan untuk melakukan kunjungan timbal balik. “Ini benar-benar bertentangan dengan tiga komunike Sino-AS dan melanggar prinsip ‘satu-Cina’,” Li Yi menekankan, menambahkan bahwa jika Washington dan Taipei terus meningkatkan hubungan bilateral, “Cina daratan tidak akan tetap sabar” dengan ini.

Wakil Direktur Institut Studi Asia dan Afrika Universitas Moskow, Andrey Karneev menggarisbawahi bahwa kartu Taiwan kembali menjadi yang terdepan dalam hubungan AS-China. Pada suatu waktu, dukungan militer Taiwan oleh Amerika Serikat yang menjadi kendala utama bagi pembentukan hubungan diplomatik antara Beijing dan Washington, “ujar cendekiawan Rusia itu.

Menurut Karneev, dengan menekankan pada “status quo” Taiwan, Christensen menekankan dukungan untuk pemerintahan Tsai Ing-wen oleh kabinet Trump. “Dukungan ini juga diungkapkan oleh Christensen dalam pernyataannya tentang kelanjutan pasokan senjata Amerika ke Taiwan,” katanya.

Sebagai tanggapan, Beijing menyerukan kepada Washington untuk membatalkan rencana penjualan dan menghentikan kontak militer dengan Taiwan. Kementerian Pertahanan Cina mengeluarkan pernyataan yang mengecam langkah Washington dan menegaskan bahwa militer China memiliki tekad yang “teguh dan tak tergoyahkan” untuk melindungi kedaulatan dan integritas wilayah negara.Sementara itu, Washington terus melenturkan otot militernya di kawasan itu: Pada 22 Oktober, dua kapal Angkatan Laut AS melewati Selat Taiwan, yang memicu kecaman dari Beijing.

Pada akhir September Amerika Serikat menyetujui penjualan suku cadang untuk pesawat tempur F-16 dan pesawat militer lainnya senilai hingga $ 330 juta ke Taipei.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *