Rusia Tak Punya Lagi Dermaga Kering untuk Menampung Kapal Induk Admiral Kuznetsov

Rusia Tak Punya Lagi Dermaga Kering untuk Menampung Kapal Induk Admiral Kuznetsov

Rusia mengakui tidak memiliki fasilitas yang dapat melayani satu-satunya kapal induk mereka, Admiral Kuznetsov, setelah dermaga kering mengambang PD-50 tenggelam pada Oktober 2018 lalu.

Perusahaan milik negara United Shipbuilding Corporation (USC) mengatakan bahwa sedang mencari alternatif untuk melayani kapal besar yang sedang menjalani perbaikan tersebut, namun upaya ini bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga setahun.

Kepala eksekutif USC Alexei Rakhmanov saat berbicara dengan wartawan Selasa 7 November 2018 mengatakan PD-50, salah satu dermaga kering mengambang terbesar di dunia, tenggelam di Pabrik Shipbuilding ke-82 di Roslyakovo dekat Murmansk pada 30 Oktober 2018. Pada saat itu, Kuznetsov berada di atas kapal yang mengalami perbaikan besar dan kapal induk mengalami kerusakan selama insiden tersebut.

“Kami memiliki alternatif untuk semua kapal kecuali Admiral Kuznetsov,” jelas Rakhmanov. “Kami berharap bahwa masalah docking akan diselesaikan dalam waktu dekat. Kami juga menyiapkan beberapa alternatif, yang akan kami laporkan ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. ”

Tindakan Rusia yang paling mungkin adalah mencoba dan memperbaiki kerusakan pada PD-50. Penyebab kecelakaan itu dilaporkan karena kerusakan listrik yang membuat pompa di tangki ballast dermaga kering tidak bekerja menyebabkannya tenggelam dengan cepat.

“Instruksi telah diberikan untuk membentuk komisi yang akan dengan hati-hati melihat penyebabnya, menghitung kerusakan dan menguraikan langkah-langkah respons,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov 31 Oktober 2018.

“Ini tergantung pada komisi untuk memutuskan, tetapi jawaban ‘ya’ lebih mungkin daripada ‘tidak’,”tambahnya ketika ditanya tentang cara mengembalikan PD-50 kembali beroperasi.

Dermaga saat ini ada di dasar Teluk Kola dan semakin lama pasti akan memunculkan masalah besar dengan sistem listrik dan mekanik yang tampaknya sudah bermasalah. Rusia mengatakan pihaknya bermaksud untuk memaksa “pihak yang akan dinyatakan bersalah dalam insiden itu  untuk membayar upaya pemulihan,” menurut TASS.

Upaya mengangkat dermaga kering ini jelas menjadi tugas yang sulit, belum lagi mempertimbangkan faktor lingkungan di wilayah Semenanjung Kola. Terletak di atas lingkaran Arktik, tetapi di jalur Gulf Stream, suhu ambien rata-rata di musim panas mencapai rata-rata 60 derajat Fahrenheit, tetapi mungkin tidak pernah sampai di atas titik beku selama bulan-bulan musim dingin. Suhu air lebih dingin dalam kedua kasus. Empat karyawan galangan kapal menderita hipotermia setelah melarikan diri dari tenggelamnya PD-50 selama kecelakaan.

Bersama dengan angin kencang atau cuaca buruk lainnya dan  dermaga mungkin berada hampir 100 meter di bawah permukaan, penyelam akan sulit untuk melakukan berbagai tugas dan melakukannya untuk jangka waktu yang panjang untuk menyiapkan proses mengangkat galangan kering kembali ke permukaan. Kapal selam kecil atau kendaraan bawah laut tanpa awak dapat membantu mengurangi masalah ini, tetapi hanya akan menambah array aset khusus yang diperlukan untuk operasi pemulihan.

Apa yang terjadi setelah PD-50 akhirnya bisa muncul kembali dari dasar Teluk Kola juga tidak jelas. Mencoba memperbaikinya selagi mengapung, terutama jika yang rusak parah, bisa menjadi masalah dan tidak ada cara mudah untuk mendapatkannya

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *