Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

China Harus Awasi Rencana Militer AS-Jepang – Pakar

Destroyer Sovremenny class  DDG 138 Taizhou, China. (Astrowikizhang via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id  –  China dan Jepang sedang mencari cara untuk memperbaiki pembatas, di tengah rasa saling tidak percaya berkaitan dengan masalah maritim dan teritorial yang tidak dapat lebur dalam semalam, ujar cendekiawan China, Da Zhigang, kepada Sputniknews.com, Rabu 7-11-2018. Menurut Da Zhigang, solusi untuk isu paling sensitif perlu ditunda.

Ketika Beijing dan Tokyo telah berjanji untuk membuka babak baru dalam hubungan bilateral, Washington mendorong Jepang untuk meningkatkan aliansi AS-Jepang yang bertujuan untuk membendung China di kawasan itu.

Berbicara kepada Sputnik China, Da Zhigang, direktur Institut Asia Timur Laut di bawah Akademi Ilmu Sosial Provinsi Heilongjiang, berpendapat bahwa ketika China dan Jepang mencari cara pencairan hubungan bilateral, laporan tentang rencana militer AS-Jepang membayangi prospek kerjasama.

“Amerika Serikat dan Jepang sedang mengembangkan rencana aksi bersama terhadap musuh bebuyutan – armed Chinese fishermen,” kata Da Zhigang.

“Wilayah di mana Jepang berencana untuk memberikan keamanan melibatkan zona sengketa teritorial dengan China. Jepang melakukan diversifikasi kerjasama keamanan dengan negara-negara lain dan berusaha untuk memperdalam saling pengertian, menciptakan mekanisme untuk kerja sama yang komprehensif dengan China, sementara pada saat yang sama memberi perhatian pada kerjasama dengan Amerika Serikat dan Eropa.”

Dia menekankan bahwa China khawatir tentang Jepang dan tindakan AS. Namun, “perlu dipahami bahwa banyak masalah historis tidak terpecahkan dalam semalam,” cendekiawan China itu menambahkan.

“Kami berharap politisi Jepang akan lebih memperhatikan pemecahan masalah hubungan Tiongkok-Jepang,” kata Da Zhigang. “Jepang harus memfokuskan pikirannya pada situasi demi persahabatan Sino-Jepang serta perdamaian dan stabilitas tidak hanya di Timur Laut dan Asia Timur tetapi di seluruh dunia.”

Da Zhigang percaya bahwa perselisihan teritorial di Laut Cina Timur seharusnya tidak membayangi tren positif baru-baru ini dalam hubungan antara Tokyo dan Beijing.

Dia menunjukkan bahwa setelah kunjungan Oktober Abe ke Cina, sebuah harapan muncul untuk peningkatan hubungan Tiongkok-Jepang. Laporan yang dikutip mengatakan bahwa Xi diperkirakan melakukan kunjungan resmi ke Jepang selama KTT G20 di Osaka yang akan berlangsung pada 28-29 Juni 2019.

“Kita harus memahami bahwa hubungan Tiongkok-Jepang kini memasuki fase baru,” kata sarjana itu. “China dan Jepang masih memiliki beberapa ketidaksepakatan dan perselisihan berkaitan dengan zona maritim, demarkasi perbatasan, pengembangan bersama dan keamanan wilayah yang disengketakan.”

Pertanyaannya kemudian muncul, apakah perselisihan ini bisa hidup berdampingan dengan perdagangan dan kerjasama ekonomi antara dua raksasa Asia.

Menurut Da Zhigang, banyak masalah teritorial dan keamanan ini tidak dapat diselesaikan dalam semalam: “Solusi dari masalah ini perlu ditunda, mereka harus dipertimbangkan dalam jangka panjang.”  Pada 26 Oktober 2018, Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan bahwa mereka siap untuk “mengukir era baru bagi China dan Jepang.”

“Dari kompetisi hingga konsistensi, hubungan bilateral Jepang dan China telah memasuki fase baru,” kata Abe. Namun, pada bulan yang sama, Kyodo News melaporkan bahwa sekelompok pakar kebijakan AS merekomendasikan bahwa Pasukan Bela Diri Jepang dan Pentagon membentuk “gugus tugas gabungan gabungan” untuk mengatasi tantangan yang diajukan oleh China atas Taiwan, serta Selatan dan Timur Laut China.

Selain itu, kantor berita mencatat bahwa AS dan Jepang akan menyusun rencana militer bersama untuk melawan potensi ancaman Beijing terhadap pulau Diaoyu / Senkaku yang disengketakan di laut China Timur pada Maret 2019.

Sebelumnya, pada Januari 2018, Jepang dan Amerika Serikat melakukan latihan militer komputer pada perlindungan bersama dari Kepulauan Diaoyu dari invasi China. Pandangan dan pendapat yang diungkapkan oleh pembicara tidak selalu mencerminkan pandangan Sputnik.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *