Aktor Eksternal Tidak Bisa Membangun kembali Afghanistan

Aktor Eksternal Tidak Bisa Membangun kembali Afghanistan

Markas Kepolisan Daerah Kandahar, Afghanistan selatan mengepulkan asap setelah mendapatkan serangan dari milisi © National Interest

Militer.or.id – Para pejabat Afghanistan telah mulai menghitung surat suara dari pemilihan parlemen negara itu, bahkan pada saat pembom bunuh diri yang menargetkan markas pemilihan di Kabul, hari Senin pagi, seperti ditulis oleh Jerrod A. Laber di laman National Interest.

Para pemilih di provinsi Kandahar Afghanistan pergi ke tempat pemungutan suara Sabtu lalu, 27 Oktober, tertunda satu minggu karena serangan yang menewaskan Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Jenderal Abdul Raziq dan kepala intelijen Jenderal Abdul Momin, dan melukai Jenderal Jeffrey Smiley, kepala pasukan NATO di Afghanistan selatan.

Terlepas dari adanya serangan di tengah-tengah musim pemilihan umum yang sangat keras, di mana sepuluh kandidat terbunuh, Pentagon terus bersikeras bahwa upaya AS di Afghanistan telah berjalan.

“Pasukan keamanan Afghanistan sedang bekerja”, kata Kolonel Rob Manning hari Senin lalu, 22 Oktober. “Secara keseluruhan, menurut penilaian kami, strategi di Asia Selatan telah berjalan”.

Pernyataan ini salah, dan tidak ada yang harus mempercayainya. Strategi tersebut sama sekali tidak berhasil dan sudah lama kita mengakhiri perang ini.

Pentagon berpendapat bahwa pemilu yang terjadi, dikombinasikan dengan fakta bahwa serangan telah turun dua pertiga dibandingkan dengan pemilu 2010, adalah bukti bahwa kemajuan sedang dibuat. Namun pemilihan itu telah tertunda tiga tahun karena masalah keamanan, dan 2010 adalah titik puncak perang.

An F-15E Strike Eagle over the mountains and high desert of Afghanistan in support of Operation Mountain Lion, 12 April 2006. The crew and fighter are deployed to the 336th Expeditionary Fighter Squadron, in Southwest Asia, from the 4th Fighter Wing at Seymour Johnson Air Force Base, NC. U.S. Air Force F-15s, A-10s and B-52s are providing close-air support to troops on the ground engaged in rooting out insurgent sanctuaries and support networks. Royal Air Force GR-7s also are providing close-air support to coalition troops in contact with enemy forces. U.S. Air Force Global Hawk and Predator aircraft are providing intelligence, surveillance and reconnaissance, while KC-135 and KC-10 aircraft are providing refueling support. (U.S. Air Force photo/Master Sgt. Lance Cheung)

Ada lebih dari seratus ribu tentara yang hadir saat itu, dibandingkan sepuluh hingga lima belas ribu yang bertempur di sana sekarang. Tentu saja, kekerasan pemberontak ini akan menurun ketika pasukan pendudukan secara drastis mengurangi jumlahnya.

Klaim dangkal ini diabaikan, hanya ada sedikit kemajuan di Afghanistan, tetapi kematian warga sipil pada paruh pertama tahun 2018 jauh lebih besar dari titik mana pun dalam sembilan tahun sebelumnya.

Seperti yang dikatakan oleh anggota Kongres Jim Banks (R-IN) dalam National Review, analisis pemerintah sendiri terhadap situasi keamanan tetap sama dibandingkan 5 tahun sebelumnya.

“Setiap penilaian pada dasarnya telah mencatat tingkat ancaman yang sama. Garis pembuka dari penilaian ancaman dalam laporan November 2013 pun menyatakan, Konvergensi jaringan pemberontak, teroris dan kriminal meluas dan merupakan ancaman bagi stabilitas Afghanistan”, tulisnya.

Apa yang disebutkan oleh laporan Juni 2018?

“Afghanistan masih menghadapi ancaman berkelanjutan dari para pemberontak yang di dukung secara eksternal serta konsentrasi tertinggi kelompok teroris di dunia. Jaringan pemberontak, teroris dan kriminal yang meresap ini merupakan ancaman bagi stabilitas Afghanistan”.

Helikopter Mi-17 Angkatan Udara Afghanistan © Sgt Deanne Hurla via Wikimedia Commons

Dengan evaluasi pemerintah sendiri, situasi keamanan tetaplah buruk selama lima tahun sebelumnya. Namun, Pentagon menekankan waktu dan sekali pendekatan mereka telah berhasil. Masuk akal bahwa Pentagon akan memutar narasi sedemikian rupa, tidak ada alasan bagi mereka untuk berkata jujur. Kebijakan luar negeri AS secara umum bahkan telah beroperasi dengan autopilot selama bertahun-tahun hingga sekarang.

Profesor dan pakar keamanan di Universitas Birmingham, Patrick Porter, berpendapat bahwa ide-ide kebiasaan di kalangan elit kebijakan luar negeri telah membuat strategi besar Amerika sangat sulit diubah. Para pemimpin ini telah membeli grosir menjadi ide kolektif yang tampak jelas, pilihan aksiomatik yang dibuat dari asumsi yang tak teruji.

“Dalam konteks Afghanistan, asumsi yang tidak teruji ini termasuk pula pernyataan berulang bahwa kehadiran militer Amerika diperlukan untuk mencegah gaya serangan 9/11 lainnya”, jelasnya.

Namun mitos tentang “safe haven terroris” ini telah dibantah oleh rekan senior Chatham House, antara lain Micah Zenko. Komunitas intelijen yang membagi informasi dengan baik, yang dilucuti dari parokialismenya, dapat mencegah 9/11. Ribuan pasukan sebagai bagian dari pekerjaan yang tanpa terbatas tidaklah diperlukan disana.

Asumsi lain yang “tidak teruji” adalah bahwa Amerika Serikat dapat berhasil membangun negara Afghanistan yang mampu menyediakan keamanannya sendiri. Tentu saja, catatan perang selama 17 tahun ini berbicara untuk dirinya sendiri. Aktor eksternal tidak bakalan bisa membangun kembali Afghanistan, termasuk Amerika Serikat.

Korupsi yang melegenda di Afghanistan dan telah menggagalkan upaya AS ini sejak awal, kemiskinan dan kekerasan melemahkan upaya apa pun guna mengembangkan kapasitas negara. Tetapi tanpa itu semua, korupsi, kemiskinan dan kekerasan tidak dapat ditangani dengan benar.

Ini adalah siklus yang menguatkan diri sendiri sehingga investasi AS tidak akan pernah berubah. Amerika Serikat mungkin dapat “menopang” pemerintahan Afghanistan yang lemah untuk beberapa waktu, tetapi kita tidak dapat membuatnya mandiri.

Bahkan pemikiran pribadi oleh Presiden Donald Trump tentang Afghanistan dilaporkan mencerminkan retorika kampanye sebelumnya, mengungkapkan keinginan untuk keluar dari konflik, tetapi ia telah ditempa oleh Pentagon dan anggota pendiri pemerintahannya.

Dan dia tidak mampu menghadapi biaya politik dari melanjutkan status quo. Sementara Afghanistan bukanlah konflik yang populer, itu sebagian besar tidak ada di radar pemilih pada ujian tengah semester mendatang, juga tidak akan ada pada 2020 mendatang.

Oleh karena itu, satu-satunya kesempatannya untuk mengakhiri perang ini dalam waktu dekat adalah jika Trump mau menggigit peluru dan mengikuti nalurinya. Maka dia harus melakukannya. Tidak ada orang lain yang harus mati di masa kami.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *