Uji Dinamis Prototipe SLT dan Manpads Indonesia

Uji coba protipe Senjata Lawan Tank (SLT) pada bulan 14 Agustus 2018 © Kemhan RI

Militer.or.id – Senjata Lawan Tank (SLT) adalah senjata yang digunakan untuk menetralisir serangan tank. Sedangkan Man Portable Air Defence System atau Manpads adalah jenis roket atau peluru kendali yang dirancang untuk ditembakkan dari darat guna menghancurkan target di udara, seperti dilansir dari situs Kemhan RI.

Kedua senjata tersebut untuk versi kecil atau ringan dapat ditembakkan oleh satu orang menggunakan peluncur yang ditembakkan dari atas bahu sehingga itu disebut senjata panggul.

HARUS BACA :  Jet Tempur Rafale Segera ke Indonesia

Balitbang Kemhan bekerjasama dengan PT Pindad (Persero) kini sedang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) untuk pembuatan prototipe SLT dan prototipe Manpads. Kegiatan litbang telah melalui serangkaian uji statis prototipe SLT dan Manpads, maka selanjutnya dilaksanakan uji dinamis pada tanggal 29 November 2017 di Pantai Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads ini dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Sekretaris Balitbang Kemhan Laksma Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma Bambang Wijanarko, SE.,ST., M.Si.(Han), Para Kabid Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, Pejabat dan juga Tim PT Pindad serta personel terkait.

HARUS BACA :  Brunei Pesan Panser Anoa dan Senjata Pindad
HARUS BACA :  Deal, Pemerintah Yunani Setujui Program Upgrade F-16V

Kegiatan diawali penjelasan singkat tentang uji dinamis prototipe SLT serta prototipe Manpads oleh Kepala Program dari PT Pindad. Kemudian pukul 10.00 dilaksanakan uji dinamis sesi pertama peluncuran prototipe Roket SLT sebanyak 8 buah dan semua roket SLT dapat diluncurkan dengan jarak jangkau terjauh adalah +150 meter.

Dari hasil uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads itu masih perlu dilakukan litbang selanjutnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan kedua senjata tersebut. Sasaran dari litbang pembuatan prototipe SLT dan Manpads ini adalah dalam rangka mewujudkan kemandirian industri pertahanan dan membangun kemampuan negara di bidang pertahanan dan memenuhi kebutuhan alutsista TNI di masa yang akan datang.

HARUS BACA :  Marinir Indonesia – Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Situbondo

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Jet Tempur Rafale Segera ke Indonesia

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Marinir Indonesia – Amerika Serikat Gelar Latihan Bersama di Situbondo

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here