Mari Bandingkan Chang Bogo dengan Kapal Selam Lain di Dunia

Kapal Selam Kelas Chang Bogo KRI-Nagapasa-403

Jika dilihat dari ukurannya, kapal selam Kelas Typhoon Rusia masih menjadi kapal terbesar yang pernah dibangun. Sayangnya, hanya ada satu kapal yang masih beroperasi itupun dilakukan sebagai kapal uji rudal.

Typhoon hanya disaingi oleh kapal selam rudal balistik Kelas Ohio milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebanyak 14 kapal selam ini masih beroperasi dengan satu di antaranya dimodifikasi untuk dihilangkan kemampuannya membawa rudal nuklir. Hal ini sesuai dengan perjanjian pembatasan nuklir dengan Rusia.

HARUS BACA :  TNI AL Siapkan Awak Kapal Selam untuk Pengambilan KRI Nagapasa 403

Sebenarnya antara Ohio dan Typhoon panjangnya sama, hanya saja beratnya berbeda karena Typhoon lebih gemuk.

Kelas Chang Bogo buatan Korea Selatan, yang tiga di antaranya dibeli Indonesia dengan dua sudah datang ternyata merupakan salah satu kapal selam paling mungil di dunia. Masih jauh di bawah Kelas Kilo Rusia. Jika dibandingkan dengan Typhoon dan Ohio benar-benar terlihat kontrasnya.

HARUS BACA :  Amerika Jual THAAD ke Arab Senilai Rp215 Triliun
HARUS BACA :  Kapal Selam KRI Nagapasa Gunakan Torpedo "Maut"

Chang Bogo hanya memiliki panjang 56 meter dengan lebar 6,2 meter dan bobot 1.285 ton saat di dalam air.

Sementara Ohio panjangnya tiga kali lipat dari Chang Bogo yakni 170,69 meter dengan lebar 12,8 meter serta berat 18.750 saat berendam.

Typhoon sebagai kapal selam terbesar di dunia memiliki panjang 170 meter (sumber lain menyebut 172 meter) dengan lebar 23 meter atau hampir dua kali lipat dibandingkan Ohio. Berat kapal selam ini mencapai 48.000 ton saat berendam.

HARUS BACA :  Menunggu Nasib Tornado Jerman

Tentu saja tidak bisa membandingkan keduanya karena memang fungsi dan misi yang diemban berbeda. Tetapi ini hanya untuk menambah pemahaman semata.

Bagaimana agar mudah mendapatkan perbandingan ukuran kapal selam tersebut? Grafik berikut akan bisa membantu anda:

 

 

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Nurul Teje
Nurul Tejehttps://www.militer.or.id
Sangat berminat kepada hal hal yang berbau alutsista Rusia dan Soviet. Mampu mendeskripsikan dengan baik pesawat pesawat tempur buatan Soviet dalam diskusi seru. Kontak jika mau ngopi bareng dan berbincang seru.

Latest articles

HARUS BACA :  Spanyol Bergabung ke Jet Tempur Franco-Jerman, Italia Belanda ke Tempest?

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.5k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Rusia-Ukraina Tegang, Amerika Berniat Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here