Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Omega 6000 Ton, Inikah Fregat Masa Depan Indonesia?

Desain Future Frigate Indonesia (FFI) © Damen via Navy Recognition

Dalam ajang Indo Defence 2018, pameran pertahanan tri matra yang diadakan di Jakarta, Indonesia, grup pembuatan kapal asal Belanda, Damen meluncurkan desain baru fregat “Omega” berkapasitas 6.000 ton, seperti mengutip dari tulisan Xavier Vavasseur, Kepala Editor media Navy Recognition.

Ketika berbicara dengan Navy Recognition pada acara tersebut, Bob De Smedt, salah satu arsitek angkatan laut yang bekerja pada proyek “Omega”, menjelaskan bahwa model skala yang dipamerkan itu mewakili konsep awal untuk pengganti Fregat M di Angkatan Laut Belanda dan Belgia.

Namun alasan utama fregat baru Omega-Class diresmikan pada Indo Defence dan bukan pada Euronaval yang diadakan dua minggu lalu adalah karena Damen sekarang telah siap untuk menjawab kebutuhan potensial Indonesia untuk fregat besar dan oleh karena itu kode FFI pada gambar Damen, merujuk pada Future Frigate Indonesia.

Desain Future Frigate Indonesia (FFI) di Indo Defence 2018 © Navy Recognition

Omega sebenarnya ditetapkan untuk menjadi keluarga baru atau lini produk oleh Damen, yang akan menjadi tambahan dan berada di atas lini produk Sigma yang terkenal. Namun perbedaan utamanya adalah tidak akan ada lini “Omega” standar, dimana desain Omega akan selalu sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Untuk alasan ini, desain fregat Omega untuk TNI AL kemungkinan akan terlihat berbeda dengan pengganti Fregat M di masa depan, kecuali pihak Indonesia bersedia dan mampu bekerjasama sesuai dengan pesanan Belanda dan Belgia.

Belanda dan Belgia bersama-sama akan menyediakan sepasang fregat (masing-masing), untuk menggantikan armada Fregat M mereka. Menurut Navy Recognition, belajar dari berbagai sumber selama Indo Defence bahwa TNI AL memiliki “kebutuhan baru” untuk fregat kelas 6.000 ton sejalan dengan PKR ketiga dan keempat yang juga dirancang oleh Damen dari keluarga Sigma.

Sementara desain yang ini bisa diusulkan ke angkatan laut lainnya seperti Selandia Baru, Damen menekankan bahwa ini bukanlah desain yang mereka tawarkan untuk MKS 180 Jerman. Damen pun tidak dapat menjelaskan lebih lanjut tentang MKS 180.

Desain Future Frigate Indonesia (FFI) (tampak depan) di Indo Defence 2018 © Navy Recognition

Fitur desain Omega

Damen menjelaskan bahwa frigat Omega(FFI) didasarkan pada bentuk lambung kapal fregat kelas LCF/De Zeven Provincien yang sudah terbukti. Ini memiliki sistem propulsi hibrida yang terdiri dari mesin diesel 4x (dua dapat digunakan untuk kecepatan ekonomi, empat untuk sprint) ditambah 2x mesin listrik.

Mesin diesel dipisahkan ke bagian depan dan buritan untuk meningkatkan survivabilitas. Pembangkit listrik di atas kapal memperhitungkan komposisi sistem senjata masa depan termasuk senjata energi laser.

Fregat Omega memiliki dua teluk multi misi berukuran besar, satu berada di tengah dan satu di buritan. Seperti halnya tren dengan fregat generasi terbaru (Tipe 26 dan FTI atau Belharra) teluk multi misi tengah melintasi port ke sisi kanan dengan sistem penanganan overhead, memuat dan memindahkan kontainer atau meluncurkan dan memulihkan RHIBS atau USV/UUV.

Teluk multi misi bagian tengan cukup besar untuk menampung kontainer 4×20 kaki dan teluk multi misi belakang dapat menampung kontainer 2×20 kaki. Perhatikan bahwa ada ruang tambahan di dek atas, di samping peluncur rudal anti-kapal untuk 2x kontainer tambahan.

Desain Future Frigate Indonesia (FFI) (tampak belakang) di Indo Defence 2018 © Navy Recognition

Radar Thales S/X

Desain futuristik tampak hampir seperti Zumwalt-Class di bagian atas fregat Omega ini terutama karena suite radar generasi terbaru yang disediakan oleh Thales Belanda bahwa itu terdiri dari suite radar S-band SeaMaster 400 dan radar multi-fungsi X-band APAR Block II, dimana keduanya menggunakan teknologi gallium nitride (GaN).

Menurut Thales, solusi radar S-band panel tetap terbaru adalah jawaban yang tepat untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh drone udara atau permukaan, amunisi presisi dipandu, atau rudal kapal selam, yang biasanya menyerang tepat di atas permukaan laut (elevasi rendah, sea skimming) atau dari sudut elevasi tinggi (high diving).

APAR Blok II membela terhadap serangan saturasi dalam skenario ancaman tinggi dan dengan mendukung banyak keterlibatan AAW dan ASuW secara bersama-sama dengan bimbingan aktif dan semi-aktif menggunakan ICWI.

Thales SeaMaster 400 menawarkan jangkauan 450 km sementara APAR Block II dapat menggantikan iluminator untuk secara langsung memberikan panduan pada misil ESSM dan SM-2.

Fregat Omega juga tersedia dengan konfigurasi radar lain. Sebuah versi yang dilengkapi dengan radar berputar seperti Thales NS200 juga dapat dipasangkan oleh Damen.

Desain Future Frigate Indonesia (FFI) bersanding dengan KRI RE Martadinata (331) © Damen via Navy Recognition

Senjata dan sensor lainnya

Senjata dan suite sensor seperti biasa tergantung kepada kebutuhan pelanggan. Namun model skala yang dipamerkan di Indo Defence menunjukkan fregat Omega dilengkapi dengan senjata utama 127 mm buatan Leonardo, senjata sekunder 76 mm (varian non penembus) oleh Leonardo di atas hanggar helikopter, Millenium CIWS dari Rheinmetall, 2x RWS Hitrole dari Leonardo, 8x rudal anti-kapal NSM dari Kongsberg, 4x peluncur umpan MASS dari Rheinetall, sonar lambung Kingklip dari Thales serta sonar variabel kedalaman Captas-4, 4x antena satelit dan 2x sistem Elektro-Optik Mirador dari Thales.

Untuk pertahanan udara, model skala menunjukkan 24 sel VLS, kemungkinan VL MICA NG untuk varian Indonesia atau ESSM Blok 2 untuk varian Belanda dan Belgia.

Spesifikasi Awal Fregate Omega (FFI):

  • Panjang: 144 meter
  • Lebar: 18,8 meter
  • Bobot: 6.100 ton
  • Max. kecepatan: 29 knot
  • Jangkauan: 5.000 mil laut @ 18 knot
  • Daya tahan: 30 hari di laut
  • Stabilisasi: Roll kemudi (mirip dengan LCF)
  • Kru: 122 pelaut (akomodasi untuk hingga 160)
  • Ruang penyimpanan untuk RHIB 3×12 meter
  • Ruang hangar untuk 2x helikopter angkut medium dan atau UAV.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *