Bagaimana Jika F-15C dan Su-35 Duel Udara?

F-15C

F-15C Eagle memang sudah tua. Jet tempur yang dibangun Boeing telah berada dalam pelayanan bersama Angkatan Udara Amerika selama hampir 40 tahun.

Meski demikian F-15 tetap menjadi salah satu pesawat paling menakutkan di planet bumi ini. Selama bertahun-tahun F-15 telah menjalani sejumlam evolusi untuk peningkatan kemampuan. Satu-satunya pesawat Amerika yang ada di atasnya dalam hal superioritas udara adalah F-22 Raptor.

Ancaman untuk F-15 kemungkinan besar akan datang dari Rusia dengan kehadiran Su-35 Flanker-E.  Ancaman ini akan berkembang biak karena Flanker-E sepertinya akan mengikuti jalur pendahulunya Su-27 sebagai pesawat yang laris manis di luar negeri.

HARUS BACA :  LPEI Bakal Biayai 6 BUMN untuk Ekspor Alutsista

China yang merupakan negara saingan Amerika mulai menerima Su-35 yang memungkinkan F-15 dan Su-35 bisa bentrok di udara.

Su-35 adalah mesin perang yang benar-benar berbahaya, dan dalam banyak metrik, seimbang bahkan melebihi kemampuan F-15 dengan upgrade terbaru.

Su-35

Dalam hal battle proven, Su-35 jelas tidak mungkin menandingi F-15C. Jet tempur ini telah malang melintang di berbagai medan perang yang dijalani Amerika. Dia memiliki rekor tempur yang sempurna, dengan lebih dari 100 kemenangan dan tidak pernah kalah.

HARUS BACA :  Lebanon Siapkan Tentara Permanen di Perbatasan
HARUS BACA :  Malaysia Tertarik Tank Harimau Buatan Pindad

Dalam hal kinerja kinematik murni, Su-35 sedikit lebih lambat dari F-15C dalam hal kecepatan maksimum tapi akselerasi Su-35 sangat baik karena didukung dua mesin kuat Saturnus Izdeliye 117  yang mengeluarkan daya dorong masing-masing 31.900 poun.

Jet Su-35 juga relatif lebih ringan sehingga dapat mempertahankan kecepatan supersonik tanpa afterburnur.

Akselerasi yang sangat baik pada ketinggian tinggi untuk mencapai kecepatan supersonik menjadi  keunggulan besar Flanker-E. Tetapi ini tidak akan menjadi penentu kemenangan atas F-15C.

Yang berbahaya adalah kemampuan Su-35 justru pada kecepatan rendah. Flanker-E memiliki tiga dimensi dorong vectoring dan kemampuan manuver luar biasa pada kecepatan rendah.

HARUS BACA :  Kebangkitan Dirgantara Inggris Melalui The Tempest

Namun dengan masing-masing menggunakan helmet mounted cuing systems dan rudal high off-boresight seperti AIM-9X pada F-15 dan R-73 di Su-35 maka dalam pertarungan jarak dekat keduanya akan dalam posisi saling membunuh.

Dan dalam situasi seperti ini maka penentunya adalah kemampuan pilot dan terus terang keberuntungan.

NEXT: PERTEMPURAN JARAK JAUH

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Nurul Teje
Nurul Tejehttps://www.militer.or.id
Sangat berminat kepada hal hal yang berbau alutsista Rusia dan Soviet. Mampu mendeskripsikan dengan baik pesawat pesawat tempur buatan Soviet dalam diskusi seru. Kontak jika mau ngopi bareng dan berbincang seru.

Latest articles

HARUS BACA :  LPEI Bakal Biayai 6 BUMN untuk Ekspor Alutsista

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pasukan Filipina Selamatkan Pelaut Vietnam dari Abu Sayyaf

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here