Bagaimana Jika F-15C dan Su-35 Duel Udara?

Bagaimana Jika F-15C dan Su-35 Duel Udara?
F-15C

F-15C Eagle memang sudah tua. Jet tempur yang dibangun Boeing telah berada dalam pelayanan bersama Angkatan Udara Amerika selama hampir 40 tahun.

Meski demikian F-15 tetap menjadi salah satu pesawat paling menakutkan di planet bumi ini. Selama bertahun-tahun F-15 telah menjalani sejumlam evolusi untuk peningkatan kemampuan. Satu-satunya pesawat Amerika yang ada di atasnya dalam hal superioritas udara adalah F-22 Raptor.

Ancaman untuk F-15 kemungkinan besar akan datang dari Rusia dengan kehadiran Su-35 Flanker-E.  Ancaman ini akan berkembang biak karena Flanker-E sepertinya akan mengikuti jalur pendahulunya Su-27 sebagai pesawat yang laris manis di luar negeri.

China yang merupakan negara saingan Amerika mulai menerima Su-35 yang memungkinkan F-15 dan Su-35 bisa bentrok di udara.

Su-35 adalah mesin perang yang benar-benar berbahaya, dan dalam banyak metrik, seimbang bahkan melebihi kemampuan F-15 dengan upgrade terbaru.

Su-35

Dalam hal battle proven, Su-35 jelas tidak mungkin menandingi F-15C. Jet tempur ini telah malang melintang di berbagai medan perang yang dijalani Amerika. Dia memiliki rekor tempur yang sempurna, dengan lebih dari 100 kemenangan dan tidak pernah kalah.

Dalam hal kinerja kinematik murni, Su-35 sedikit lebih lambat dari F-15C dalam hal kecepatan maksimum tapi akselerasi Su-35 sangat baik karena didukung dua mesin kuat Saturnus Izdeliye 117  yang mengeluarkan daya dorong masing-masing 31.900 poun.

Jet Su-35 juga relatif lebih ringan sehingga dapat mempertahankan kecepatan supersonik tanpa afterburnur.

Akselerasi yang sangat baik pada ketinggian tinggi untuk mencapai kecepatan supersonik menjadi  keunggulan besar Flanker-E. Tetapi ini tidak akan menjadi penentu kemenangan atas F-15C.

Yang berbahaya adalah kemampuan Su-35 justru pada kecepatan rendah. Flanker-E memiliki tiga dimensi dorong vectoring dan kemampuan manuver luar biasa pada kecepatan rendah.

Namun dengan masing-masing menggunakan helmet mounted cuing systems dan rudal high off-boresight seperti AIM-9X pada F-15 dan R-73 di Su-35 maka dalam pertarungan jarak dekat keduanya akan dalam posisi saling membunuh.

Dan dalam situasi seperti ini maka penentunya adalah kemampuan pilot dan terus terang keberuntungan.

NEXT: PERTEMPURAN JARAK JAUH

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *