Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Soviet Pernah Berencana Kepung Amerika dengan Pangkalan Nuklir

Pada Juli 1959, di tengah-tengah kompetisi antara sosialisme dan kapitalisme, pemimpin Soviet Nikita Khrushchev memunculkan rencana yang benar-benar fantastis. Mirip dengan China yang membangun pulau buatan, bedanya jika rencana Soviet ini terwujud akan memungkinkan Moskow untuk mengepung Washington dengan nuklir.

Soviet mencari pulau-pulau bawah air yang akan dibangun menjadi pulau buatan untuk dijadikan pangkalan nuklir. Pulau-pulau yang berasal dari aktivitas gunung api bawah laut dan pulau karang banyak tersebar di Pasifik dan Atlantik. Tempat-tempat inilah yang diincar Soviet.

Pada tahun 1959,  setelah dianalisis dan menggunakan data lain, Miroshnikovs, keluarga insinyur militer Soviet, memberikan Khrushchev dengan rencana  untuk membangun 26 pulau buatan untuk menempatkan pangkalan rudal di atas mereka, sehingga AS akan dalam cincin nuklir Soviet.

Wartawan militer Rusia Vitaly Karyukov dalam artikelnya, yang diterbitkan oleh surat kabar Rusia independen Svobodnaya Pressa beberapa waktu lalu menyebutkan menurut rencana biaya untuk membangun platform dengan lebar seratus meter di atas permukaan laut tidak akan begitu besar yakni sekitar satu juta rubel.  Sebagai perbandingan, setiap peluncuran roket Korolev [desainer roket Soviet] membutuhkan biaya hingga satu miliar rubel.

Tetapi rencana ini meghadapi beberapa tantangan. Pertama, diperlukan untuk membangun pulau buatan sekaligus. Hal ini karena ada asumsi bahwa, segera setelah Uni Soviet mulai membangun platform pertama, Amerika akan segera mengklaim pulau-pulau lainnya. Dan hal ini jells hal yang sulit.

“Kedua, juga diperhitungkan bahwa AS bisa membom pulau buatan kembali ke laut. Setelah  mereka dibangun tepat di bawah hidung Amerika, sementara Uni Soviet berjarak ribuan mil jauhnya. Oleh karena itu, itu diusulkan untuk memperkuat situs sebanyak mungkin dan seara efektif mengubahnya menjadi benteng,” tulis Karyukov.

Untuk menempakan situs nuklir ini Soviet harus mencari pulau yang tidak diklaim dan ketika muncul di atas air Uni Soviet akan menaikkan benderanya hingga pulau dan 12 mil zona teritorial perairan di sekitarnya  akan dinyatakan sebagai wilayah Soviet.

Pada saat Amerika menyadari  situs rudal sudah akan terpasang. “Tak perlu dikatakan bahwa pakar rudal yang gagah berani kami akan bekerja rahasia  [menyamar sebagai] nelayan Soviet biasa. Dan awalnya akan dibuka sebagai ‘basis memancing’ saat dinyatakan oleh Kementerian Luar Negeri Soviet, pulau-pulau akan mulai diperkaya, diperluas dan ditambahkan ke dengan lapisan baru. Selain itu, selama tahap ini para insinyur akan memompa air keluar dari interior dasar. Jadi, itu akan keluar menyerupai dermaga kering di bawah air. ”

“Dan itu akan dibangunan raksasa yang bekerja pada tahap ketiga dengan akan mulai … melengkapi pulau dengan peluncur rudal jarak menengah tersembunyi. Selain roket, juga akan memungkinkan untuk membangun lapangan terbang, pangkalan kapal selam, tempat berlabuh untuk kapal, dll ”

Pada saat yang sama, lanjut Karyukov, “Itu tidak perlu dikatakan bahwa keseluruhan operasi ini juga direncanakan dengan nuansa politis. Pada saat itu, Uni Soviet seluruh perbatasannya dikelilingi puluhan bahkan ratusan pangkalan NATO, termasuk lapangan udara, peluncur rudal, poin radar dan fasilitas militer lainnya.  Sehingga Khrushchev bisa menempatkan landak di celana Paman Sam untuk memaksa menarik kekuatannya. Seperti yang terjadi dengan krisis rudal Kuba yang memaksa John F. Kennedy membongkar rudal AS di Turki, yang harus diakui sudah usang pada waktu itu. ”

NEXT: REAKSI AMERIKA TIDAK DIPERTIMBANGKAN

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *