4 Kapal Selam Yang Sudah Menggunakan Teknologi AIP  

4 Kapal Selam Yang Sudah Menggunakan Teknologi AIP  
Kelas Soryu

Salah satu perbaikan paling penting dalam kapal selam era pasca Perang Dunia adalah sistem propulsi udara independen atau air independent propulsion (AIP).

Pertama kali diperkenalkan pada 1990-an, pengembangan AIP mengubah cara kapal selam non-nuklir beroperasi yang memungkinkan mereka untuk bertarung  dan bersembunyi  di bawah air lebih lama. Dikombinasikan dengan ketenangannya yang luar biasa, penggunaan AIP telah membuat kapal selam modern yang efisien, mampu menguntit dan menenggelamkan mangsanya bahkan dalam lingkungan peperangan anti-kapal selam yang menantang.

Kapal selam konvensional sebelumnya menghabiskan banyak waktu di permukaan. Dilengkapi dengan mesin diesel-listrik, kapal selam ini membutuhkan udara permukaan untuk menjalankan mesin dan mengisi ulang baterai mereka.  Hal ini tentu saja menjadikan kapal selam akan mudah dideteksi lawan.

AIP, meskipun tidak memberikan kapal selam diesel-listrik memiliki kekuatan bawah laut yang sama dengan kapal selam nuklir, tetap merupakan peningkatan yang radikal. Ada beberapa jenis sistem propulsi AIP. Sistem Sterling adalah salah satu generator diesel sirkuit tertutup tertua, diikuti oleh sel bahan bakar kimia. Tren terbaru dalam sistem AIP adalah penggunaan baterai ion lithium yang kuat dan tahan lama.

Berikut empat kapal selam di dunia yang sudah menggunakan AIP.

Kapal Selam Kelas Yuan China

Type 039A atau Kelas Yuan China

Teknologi kapal selam China telah tumbuh dengan pesat selama tiga dekade terakhir, bergerak cepat dari kapal selam diesel-listrik kelas Romeo yang sudah tua ke desain yang lebih modern.

Salah satu kelas kapal selam terbaru China adalah kapal selam kelas Type 039A atau Yuan. Kapal selam ini secara kasar mirip dengan kelas Kilo Soviet / Rusia dengan lambung berbentuk peluru. Namun Yuan 20% lebih besar dibandingkan Kelas Kilo.

Kapal selam memiliki kecepatan tertinggi dari 20 knot saat terendam dan merupakan kapal selam China pertama yang menggunakan AIP yang dilaporkan adalah sistem Sterling. Kelas ini dilengkapi dengan enam tabung torpedo berdiameter 533 milimeter  yang mampu meluncurkan torpedo, rudal anti-kapal Klub, rudal anti-kapal C-802 atau ranjau laut.

Type 212

Type 212 Jerman

Dianggap sebagai salah satu kapal selam serang diesel elektrik tercanggih di dunia, Type 212 Jerman adalah yang pertama menggunakan sistem AIP yang memanfaatkan sel bahan bakar hidrogen. Type 212 menggunakan membran pertukaran proton sel bahan bakar hidrogen, yang memungkinkan kapal selam tetap terendam hingga tiga minggu, dengan hampir tidak ada emisi yang dapat dideteksi.

Bagian buritan berbentuk X yang memungkinkan kapal untuk beroperasi dekat dengan dasar laut atau di perairan dangkal. Type 212 dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 20 knot saat di bawah air, dan memiliki enam tabung torpedo 533 milimeter untuk menembakkan torpedo Sea Hake, rudal anti-kapal dan ranjau.  Type 212 dioperasikan oleh Jerman, Italia, Norwegia dan Polandia.

NEXT

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *