Indo Defence 2018: Damen Luncurkan ‘Future Frigate Indonesia’ Omega

Indo Defence 2018: Damen Luncurkan ‘Future Frigate Indonesia’ Omega

Di Indo Defence 2018, Damen meluncurkan desain baru Frigat ‘Omega’ berkapasitas 6.000 ton.

Bob De Smedt, salah satu arsitek yang bekerja pada proyek Omega, menjelaskan bahwa model skala yang dipamerkan mewakili konsep awal untuk Royal Dutch Navy (Koninklijke Marine) dan Belgian Navy (Marinecomponent/ Composante marine) pengganti Frigat M.

Omega scale model on Damen stand at Indodefence 2018. Navy Recognition picture 2

Namun alasan utama frigat kelas Omega baru diresmikan di Indo Defence (dan bukan Euronaval misalnya yang diadakan dua minggu lalu) adalah karena Damen sekarang siap untuk menjawab kebutuhan potensial Indonesia terkait frigat besar (karena itu nama ‘FFI’ ada pada gambar Damen, berdiri untuk Future Frigate Indonesia).

Omega sebenarnya ditetapkan untuk menjadi keluarga baru atau lini produksi Damen, yang akan menjadi tambahan (dan di atas) lini produksi Sigma yang terkenal. Namun perbedaan utamanya adalah tidak akan ada “standard Omega lines”; desain Omega akan selalu sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Omega scale model on Damen stand at Indodefence 2018. Navy Recognition picture

Untuk alasan ini, desain frigat Omega Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) kemungkinan akan terlihat berbeda dengan pengganti Frigat M di masa depan … kecuali Indonesia bersedia dan mampu bekerja sama dengan pesanan Belanda dan Belgia. Belanda dan Belgia bersama-sama menyediakan empat frigat (masing-masing dua) untuk menggantikan Frigat M mereka. TNI AL memiliki “kebutuhan baru” untuk kelas frigat 6.000 ton sebagai tindak lanjut ke frigat PKR ketiga dan keempat (juga desain Damen, keluarga Sigma).

Sementara desain ini dapat diusulkan ke angkatan laut lain (Selandia Baru), Damen menekankan bahwa ini bukan desain yang mereka tawarkan untuk MKS 180 Jerman. Damen tidak dapat menjelaskan lebih lanjut tentang MKS 180.

Omega frigate /  FFI early specifications:

Length: 144 meters
Breadth: 18.8 meters
Displacement: 6100 tons
Max. speed: 29 knots
Range: 5,000 nautical miles @ 18 knots
Endurance: 30 days at sea
Stabilisation: Rudder roll (similar to LCF)
Crew: 122 sailors (accommodations for up to 160)
Storage space for 3x 12 meters RHIBs
Hangar space for 2x medium lift helicopters and/or UAV.

All photos: Omega scale model on Damen stand at Indodefence 2018. (Navy Recognition)

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *