KRI Silas Papare-386 Tangkap Kapal Vietnam di Natuna

KRI Silas Papare-386 Tangkap Kapal Vietnam di Natuna

Sewaktu KRI SRE-386 sedang melaksanakan patroli terbatas disekitar Perairan Natuna mendapatkan kontak kapal sedang melintas pada posisi 06°17′ 00″ U – 106° 35′ 30″ T tepatnya di Perairan Natuna Utara, lalu melaksanakan prosedur Pengejaran

Natuna, Militer.or.id   –   Kehadiran Unsur Kapal Perang Indonesia (KRI) dalam menjaga dan mengamankan keamanan wilayah perairan Indonesia terus membuahkan hasil. Kali ini KRI Silas Papare-386 yang tergabung dalam Ops Laga Sagara-18 BKO Guspurla Koarmada I berhasil menangkap Kapal Ikan Asing Vietnam pada Kamis 8-11-2018 di Perairan Natuna.

Komandan KRI SRE-386 Letkol Laut (P) M. Catur Soelistyono, S.H., menyampaikan bahwa penangkapan berawal saat KRI SRE-386 sedang melaksanakan patroli terbatas disekitar Perairan Natuna mendapatkan kontak kapal sedang melintas pada posisi 06°17′ 00″ U – 106° 35′ 30″ T tepatnya di Perairan Natuna Utara (Landas Kontinen Indonesia) .

Selanjutnya melaksanakan prosedur Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan (Jarkaplid) terhadap kapal tersebut dan dilanjutkan dengan peran pemeriksaan dan penggeledahan.

Dari hasil pemeriksaan didapatkan nama Kapal BV 92439 TS, Kebangsaan Vietnam, Jenis Kapal KIA, Nakhoda Vien, Jumlah ABK 7 orang, Muatan ikan ± 100 Kg, Alat Navigasi berupa Kompas dan GPS Onwa Kp 1299 C, Alkom berupa 2 buah Radio Super Star 2400 dan Radio Icom IC 707, Mesin Cumming 6 silinder, Tanda Selar Badan Kapal Biru Anjungan Biru Muda, Alat tangkap Trawl.

Kapal BV 92439 TS diduga melakukan pelanggaran dengan kesalahan menangkap ikan di wilayah Perairan Indonesia tanpa ijin (ilegal fishing) dan tidak memiliki dokumen kapal serta dokumen ABK. Selanjutnya Komandan KRI SRE-386 memerintahkan agar KIA BV 92439 TS dikawal menuju pangkalan terdekat yakni Lanal Ranai guna penyelidikan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan terhadap badan kapal dan ruangan-ruangan serta pengecekan barang bawaan oleh Tim pemeriksa Lanal Ranai terdiri dari 2 personel Pomal, 2 personel Intel, 7 personel Sops dan 2 personel Posal Sabang Mawang dengan disaksikan oleh Prajurit KRI SRE-386 tidak ditemukan adanya narkoba dan barang terlarang lainnya.

Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah dan mendeteksi adanya penyakit berbahaya dan menular kepada Nahkoda dan ABK KIA Vietnam tersebut oleh Paur Kesum Balai Kesehatan Lanal Ranai Letda Laut (K) Dr. M. Aulia.

Pada Sabtu 10 November 2018 dilaksanakan serah terima Barbuk berupa satu buah KIA Vietnam BV 92439 TS tangkapan KRI SRE-386 di Geladak KRI SRE-386 yang sandar di Dermaga Faslabuh TNI AL Selat Lampa dari Komandan KRI SRE-386 Letkol Laut (P) M. Catur Soelistyono, S.H., kepada Pjs. Pasops Lanal Ranai Letda Laut (P) Imam Mardi, S.Pd.

Turut hadir dalam serah terima Barbuk KIA Vietnam BV 92439 TS tangkapan KRI SRE-386 diantaranya Asops Guspurla Koarmada I, Kaur Kumla Lanal Ranai Kapten Laut (KH) Galih Umbara, Pjs. Pasops Lanal Ranai Letda Laut (P) Imam Mardi, S.Pd., dan Dansub Unit Intel Letda Laut (P) Suryadi. (Dispen Koarmada I)

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *