Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Instalasi Vera-NG di Ranai Selesai 2018

Sistem Pengawasan Vera-NG. (credit: ERA)

Militer.or.id – Untuk melakukan pengawasan pasif tanpa membahayakan (alert) negara tetangga, sistem Vera-NG dari ERA perusahaan Ceko (Hall A, Stand A320), di Indo Defence 2018, Jakarta, patut dipertimbangkan, dirilis Indodefence Show Daily – Janes.com, 7/11/2018.

Menurut perusahaan, Sistem Pengawasan pasif Vera-NG telah terbukti menggunakan teknik canggih untuk melakukan pengawasan jangka panjang dan jarak jauh lintas batas: pada dasarnya untuk “melihat tanpa terlihat”.

Janes.com melaporkan awal tahun ini bahwa Angkatan Bersenjata Indonesia telah mengakuisisi sistem Vera-NG untuk memberikan peringatan dini dan memperkuat pertahanan di sekitar pangkalan udara Ranai di Laut Cina Selatan. Ini mengikuti proses seleksi pada tahun 2017, dengan pemasangan dan verifikasi yang harus diselesaikan selama 2018.

Vera-NG memiliki kemampuan jangkauan 400km, dengan geolokasi taktis 3D kapasitas real-time, pelacakan dan identifikasi target udara, laut dan permukaan. Radar ini menyediakan 200 trek real-time yang dapat dibandingkan dengan 10.000 target di database. Radar ini tersedia dalam versi yang dapat diangkut stasioner atau mobilitas tinggi untuk aplikasi darat atau laut. ERA menunjukkan bahwa itu dapat ditugaskan untuk pengawasan pasif, peringatan dini dan misi pertahanan udara, menggunakan emitter onboard sebagai target.

Sistem rahasia bersifat pasif, karena tidak memancarkan energi elektromagnetik, membuatnya tidak terlihat oleh sistem rudal anti-radar. Sensor ditempatkan pada tiang, tripod ringan atau quadpoda, dan dapat dengan mudah diangkut oleh kendaraan umum.

Bersama dengan Universitas Pertahanan di Brno, perusahaan pembuat juga telah membangun simulator yang terdiri dari konsol untuk operator peserta pelatihan dan instruktur, stasiun pemrosesan pusat dan modul receiving universal military. Simulator Vera-NG memungkinkan peserta untuk mendapatkan pengalaman dalam menggunakan sistem canggih tanpa berdampak pada misi operasional.

Spesifikasi Vera-NG

Frequency range 50 MHz – 18 GHz
Tracking capability 3 dimensional
Tracking capacity 200 real time tracks
Antenna unit power consumption “central/remote site” 230 W / 190 W
Range up to 400 km
Target library capacity 10,000 targets
Antenna unit overall dimensions Ø500 mm x 1200 mm receiving part, Ø500 mm x 600 mm comm. unit
Overall weight 125 kg (UMM 85 + MWL 25 + AU 12 + lightning rod 3kg)
Processed signals Modern emitters including Radar, Datalink, Jammers, Navigation, Identification

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *