Pesawat Tempur Gripen E Terbang dengan Menggotong Meteor

Pesawat Tempur Gripen E Terbang dengan Menggotong Meteor

Pada bulan Oktober, Saab telah sukses untuk menyelesaikan uji terbang Gripen E dengan menggotong Misil Meteor Beyond Visual Range Air-to-Air Missile (BVRAAM) untuk pertama kalinya.

Menurut Press Release Saab tertanggal 12 November 2018 yang diperoleh Lancer Defense, Penerbangan ini membawa dua misil Meteor dimana pesawat tempur Gripen E (designated 39-8) dioperasikan dari landasan udara Saab di Linköping, Swedia.

”Pesawat ini terus melesat dengan mulus seperti yang kita lihat pada tahap uji coba seluruh penerbangan dengan external stores. Saya sangat menantikan langkah-langkah selanjutnya dalam program pengujian penerbangan, membawa kita lebih dekat dan lebih dekat lagi untuk menyelesaikan pengintegrasian senjata. Meteor membuat Gripen E mampu mendominasi udara”, kata Robin Nordlander, Saab, Gripen experimental test pilot, Saab.

Pengujian dengan Misil Meteor ini adalah bagian dari pengintegrasian senjata dalam program pengujian Gripen E dan menandai tonggak penting dalam perjanjian Saab dengan Swedia. Langkah berikutnya adalah untuk terus terbang dengan konfigurasi yang berbeda dan secara bertahap memperluas penerbangan.

Meteor adalah BVRAAM yang dipandu oleh radar aktif, unggul dari rudal lain sejenisnya, dan mampu melihat target udara secara otonom, siang atau malam, dalam segala cuaca dan lingkungan peperangan elektronik. Sistem propulsi rudal ramjet membuat Meteor ini memiliki kinerja berkecepatan tinggi dan energi untuk mengalahkan target dengan kecepatan tinggi dan dari jarak yang jauh. Saab Gripen C/D yang digunakan Angkatan Udara Swedia pada tahun 2016 adalah pesawat tempur pertama di dunia yang beroperasi dengan rudal Meteor.

Misil Meteor adalah salah satu kolaborasi pertahanan yang paling sukses di Eropa dan menggabungkan Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Swedia bersama menciptakan sebuah gebrakan untuk pertempuran udara. Saab adalah mitra dalam program Meteor dalam hubungannya dengan kontraktor utama MBDA UK.

Photo: Gripen E with Meteor Missile (Saab)

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *