Gripen E Sukses Uji Coba Rudal Meteor

Gripen E Sukses Uji Coba Rudal Meteor

Jet tempur Gripen C Angkatan Udara Thailand (RTAF). © Fuws260 via Wikimedia Commons

Sebuah pesawat tempur superioritas Gripen E berhasil menyelesaikan uji peluncuran Meteor Beyond Visual Range Air-to-Air Missile untuk pertama kalinya. Uji peluncuran dilaksanakan di lapangan terbang perusahaan Saab di Linköping, Swedia.

Pilot uji coba Gripen Saab, Robin Nordlander, mengatakan bahwa pesawat itu terus berkinerja mulus sebagaimana terlihat sepanjang fase uji terbang.

“Saya sangat menantikan langkah-langkah yang akan datang dalam program uji terbang, membawa kita lebih dekat dan lebih dekat untuk menyelesaikan integrasi senjata. Meteor membuat Gripen E sangat mampu dalam peran dominasi udara”, kata Robin sebagaimana dikutip dari UPI.

Pengujian peluncuran adalah bagian dari proses untuk mengintegrasikan rudal dengan Gripen E, dengan fase berikutnya menggunakan konfigurasi yang berbeda dan amplop penerbangan.

Meteor adalah rudal udara ke udara yang dipandu radar-radar aktif yang mampu menggerakkan target udara secara mandiri dalam lingkungan peperangan elektronik. Rudal ini memiliki mesin ramjet, memberikannya kecepatan tertinggi di atas Mach 4 dan jangkauan lebih dari 60 mil.

Angkatan Udara Swedia menjadikan armada tempur C / E sebagai pesawat tempur pertama yang beroperasi dengan rudal Meteor pada tahun 2016.

Program Meteor merupakan kolaborasi antara Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Swedia guna meningkatkan kesamaan di antara sekutu. Saab bermitra dengan kontraktor utama MBDA Inggris untuk mengembangkan rudal.

Gripen E merupakan pesawat tempur multi-peran yang mampu melakukan misi udara-ke-udara, udara ke permukaan, dan pengintaian. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum Mach 2 dan memiliki kemampuan supercruise, memungkinkan untuk melebihi Mach 1 tanpa menggunakan afterburner dan memperluas jangkauannya.

Sumber: UPI

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *