Angkatan Udara Tiongkok Pamer Jet Tempur Siluman J-20

Angkatan Udara Tiongkok menunjukkan kemampuan empat jet tempur siluman J-20 untuk pertama kalinya. Jet tempur ini dipamerkan di pertunjukkan Airshow China di Zhuhai.

Dilansir dari laman Medcom (15/ 11), Dua dari empat jet J-20 ini juga memamerkan kemampuan membuka puntu muatan rudal dalam keadaan tetap terbang dengan kecepatan tinggi. Kemampuan seperti ini memang dibutuhkan untuk meluncurkan rudal selama jet menghadapi pertempuran udara.

HARUS BACA :  Koarmatim Melepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG

“Kemampuan ini hanya dimiliki jet buatan Amerika. Su-57 buatan Rusia juga belum mampu melakukannya,” kata seorang pejabat militer Tiongkok, dikutip dari South China Morning Post (15/ 11).

Saat ini, baru jet tempur F-22 Raptor dan F-35 Lightning II milik Amerika Serikat yang terbukti mampu membuka pintu muatan rudal dan meluncurkannya saat terbang dalam kecepatan tinggi.

Jet J-20 juga mampu membawa empat rudal jarak menengah dan panjang di mana rudal ini disimpan di ruang bagian bawah pesawat. Selain itu, ditambah pula rudal tempur jarak pendek di kedua sisi pesawat.

HARUS BACA :  Rusia-Tiongkok Akan Produksi 200 Unit Helikopter
HARUS BACA :  Koarmatim Melepas Keberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG

Sementara itu, sebuah perangkat yang terpasang di sisi kanan jet berfungsi untuk menjalankan kemampuan siluman yaitu meminimalisir pantuan gelombang radar.

Kemampuan ini membuat J-20 mampu menjangkau misi dengan radius lebih luas. Dalam kondisi bahan bakar penuh, J-20 mampu menempuh radius tempur lebih dari 1.100 kilometer.

Wujud jet tempur siluman J-20 pertama kali ditampilkan ke publik pada pameran tahun 2018, sebelum secara resmi bergabung dengan Angkatan Udara Tiongkok pada Maret 2017.

HARUS BACA :  BriteCloud Kini Hadir Untuk Pesawat Angkut Militer

Photo: Jet tempur siluman J-20 milik Tiongkok. (AFP) 

Editor: ()

GLOBALMiliter

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  KRI 711 dan 712 Berhasil Deteksi dan Hancurkan Ranjau

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Satuan Udara Koarmada II Resmi Dibentuk