Militer Rusia Segera Terima Tor-M2DT, Apa Bedanya dengan Varian Tor Lain?

Militer Rusia Segera Terima Tor-M2DT, Apa Bedanya dengan Varian Tor Lain?
Tor-M2DT

Militer Rusia akan menerima batalyon pertama sistem pertahanan rudal jarak pendek Tor-M2DT. Apa bedanya senjata ini dengan Tor yang lain?

“Pada 19-25 November 2018, sistem rudal anti-pesawat Tor-M2DT pertama harus memasuki layanan operasional di armada Utara (Yeysk, Krasnodar Region),” kata Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan Kamis 16 November 2018 dan dikutip Sputnik.

Sistem Tor-M2DT dikembangkan menggunakan stasiun peluncur rudal Tor-M2 khusus untuk militer Arktik Rusia, dan mampu mempertahankan wilayah udara dari serangan udara musuh dalam radius setidaknya 15 kilometer.

Sistem ini dirancang khusus untuk digunakan di wilayah Arktik dan ditempatkan pada chassis DT-30PM yang tracked yang terdiri dari dua unit kendaraan yang dihubungkan oleh mekanisme kemudi. Kendaraan kedua digunakan untuk membawa stasiun peluncur rudal Tor-M2.

TOR-M2DT dikembangkan oleh JSC Izhevsk Elektromekanik Kupol Plant (anak perusahaan dari Almaz-Antey Concern). Pada bulan Februari 2017, diumumkan bahwa kontraktor pertahanan Rusia Tekhnodinamika sedang menyelesaikan pengembangan prototipe transporter-loader untuk turunan Arktik dari sistem rudal pertahanan udara Tor yang oleh NATO disebut sebagai SA-15 Gauntlet.

Menurut Perusahaan Tekhnodinamika, versi Arctic dari sistem rudal pertahanan udara jarak dekat Tor dapat digunakan untuk melindungi pangkalan militer  yang didirikan di kutub utara.

Sistem rudal dilengkapi dengan dua modul 9M334, masing-masing berisi empat rudal darat ke udara 9M331 dan 9M332 di empat kontainer pengangkut-peluncuran yang digunakan untuk menyimpan, mengangkut dan meluncurkan rudal. Turret TOR-M2 juga mencakup radar pencarian 360 ° dengan jengkauan 25 km yang dipasang di bagian belakang dan 15 km radar pelacakan 60 ° di bagian depan.

Keluarga Tor sendiri sudah ada sejak lama. Tor pertama dengan membawa rudal 9M330 dengan jangkauan minimum 2 km  diperkenalkan pada 1986.

Setelah itu muncul varian Tor-M1. Ini adalah versi pertama dalam keluarga sistem pertahanan rudal Tor dengan membawa rudal 9M331 jarak minimum 1,5 km.

Tor -M2 kemudian dibangun dengan rudal 9M331 dan radar pengawasan baru, jarak minimum 1 km. Sedangkan untuk versi eskpor adalah varian TOR-M2E.

Upgrade dari Tor-M2 kemudian melahirkan Tor-M2U. Versi ini dilengkapi dengan sistem rudal medan perang baru dengan algoritma yang lebih baik untuk mengenali, mengklasifikasikan dan memprioritaskan target dan mampu melibatkan empat ancaman secara bersamaan.

Masih ada varian Tor-M2KM yang menggunakan kendaraan tempur sasis beroda. Stasiun senjata Tor-M2KM dapat dipasang pada chassis truk yang dikembangkan oleh perusahaan MZKT Belarusia atau chassis 2036C 6×6 yang dibangun TATA India.

Spesifikasi Tor-M2DT

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *