TNI AD Upgrade Akumulasi Kemampuan Tempur

Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD, di Puslatpur, Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan, 15-11-2018.

Jakarta, Militer.or.id – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengatakan latihan Antar Kecabangan yang diselenggarakan TNI Angkatan Darat bertujuan untuk meningkatkan akumulasi kemampuan tempur.

“Tidak hanya kemampuan tempur tingkat perorangan, namun hingga satuan setingkat Brigade, yang dilakukan baik secara teknis maupun taktis, melalui penyelenggaraan operasi tempur (Opspur), yang didukung oleh operasi intelijen (Opsintel) dan operasi teritorial (Opster),” kata KSAD saat menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD, di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan, Kamis, 15-11-2018,dirilis Antara.

HARUS BACA :  Suspa Advance Fighter Controller Course Ditutup

Menurut dia, tujuan dari diselenggarakannya latihan ini, agar seluruh prajurit bisa merasakan seperti apa bergerak dalam hubungan Brigade, serta mengerahkan Alutsista yang canggih.

“Dengan demikian kita dapat mengevaluasi seperti apa manuver Brigade itu,” tutur Mulyono dalam sisran persnya yang diterima di Jakarta. Mantan Pangkostrad ini mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman, sekaligus berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah hadir dan mendukung suksesnya acara.

Menurut dia, latihan tersebut merupakan bentuk pertanggung jawaban TNI AD kepada rakyat.

HARUS BACA :  Kapal Perang Thailand Krabi-551 Menuju Lombok

“Apa yang telah kita saksikan tadi merupakan bentuk pertanggung jawaban TNI AD kepada rakyat. Ini semua merupakan hasil karya anak bangsa. Rakyat adalah ibu kandung TNI,” ujarnya. Pada Latancab tahun ini, jajaran Brigade Infanteri (Brigif) 13/Galuh Kostrad dan satuan perkuatannya yang merupakan bagian dari Divisi Infanteri (Divif) 1/Kostrad ditunjuk sebagai pelaku latihan.

HARUS BACA :  Menlu Retno: Anggota OKI Satu Suara soal Yerusalem

Pada latihan tersebut, TNI AD menunjukkan kekuatan alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dimiliki, guna mengetahui kemampuan serta kolaborasi taktik antar kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran (BTP).

Alutsista modern dan terbaru yang dimiliki TNI AD yang dilibatkan dalam Latancab 2018 ini meliputi pesawat Helly MI 35, Helly Bell 412, Tank Leopard, Meriam 155 mm Caesar, Roket Astros, serta Rudal Mistral.

HARUS BACA :  Pangdivif 1 Kostrad Sambut Satgas Yonif PR 432

Dalam pelaksanaannya, seluruh Alutsista tersebut saling unjuk kemampuan dalam bermanuver maupun menembakan amunisinya ke sasaran yang diskenariokan sebagai musuh. Kali ini, Latancab tidak lagi menggelar demo pertempuran seperti waktu-waktu sebelumnya, tetapi murni melaksanakan latihan pertempuran.

Pada kunjungannya menyaksikan secara langsung jalannya Latancab di Puslatpur Baturaja tersebut, KSAD didampingi Pangkostrad Letjen TNI Andika Perkasa, Dankodiklatad Letjen TNI AM Putranto, Irjenad, para Asisten Kasad, para Pangkotama, para Kabalakpus serta pejabat TNI AD lainnya.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

HARUS BACA :  Rapat Staf dan Komando Koarmatim 2018 Resmi Dibuka
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Training Ships Delayed Again

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here