Thailand Tertarik Jet Pelatih L-39NG Buatan Ceko

Purwarupa jet pelatih tempur L-39NG buatan Ceko © Mossback via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Perdana Menteri Ceko Andrej Babis pada tanggal 10 November mengumumkan bahwa Kementerian Pertahanan (MoD) Thailand telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi sejumlah jet pelatih tempur L-39NG Aero Vodochody, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

“Mereka [Thailand] tertarik dengan pesawat kami, pesawat generasi terbaru, sesuatu yang dianggap teknologi militer hi-tech”, kata Babis pada wartawan tanggal 10 November setelah pertemuan di Brussels awal bulan ini dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Babis dijadwalkan untuk mengunjungi Thailand pada Januari 2019 untuk mengadakan pembicaraan lebih lanjut dengan mitra Thailandnya mengenai potensi untuk penjualan L-39NG, yang secara resmi diumumkan pada pertengahan Oktober 2018.

Jet latih tempur generasi baru, L-39NG buatan Ceko © Aero Vodochody

Menurut IHS Jane, Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) saat ini mengoperasikan 24 unit jet pelatih L-39ZA Albatros, dan beberapa di antaranya telah digantikan oleh 12 unit T-50TH buatan Korea Aerospace Industries (KAI) yang dipesan tahun 2015.

HARUS BACA :  Pakistan Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Harba dari PNS Himmat
HARUS BACA :  Duel Close Air Support F-35 dan A-10 Hanyalah Manipulasi?

Pertama kali diluncurkan pada Farnborough International Airshow 2014, L-39NG versi L-39 Albatross menampilkan mesin Williams International FJ44-4M yang lebih kuat, wet wing, kokpit modern, dan airframe pesawat yang lebih ringan dari pendahulunya.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Danguspurla Koarmada II Tinjau Pos Satgasmar di Pulau Sebatik

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  TNI AU Bersiap Menyambut Alutsista Baru, Termasuk Su-35