Thailand Tertarik Jet Pelatih L-39NG Buatan Ceko

Thailand Tertarik Jet Pelatih L-39NG Buatan Ceko

Purwarupa jet pelatih tempur L-39NG buatan Ceko © Mossback via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Perdana Menteri Ceko Andrej Babis pada tanggal 10 November mengumumkan bahwa Kementerian Pertahanan (MoD) Thailand telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi sejumlah jet pelatih tempur L-39NG Aero Vodochody, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

“Mereka [Thailand] tertarik dengan pesawat kami, pesawat generasi terbaru, sesuatu yang dianggap teknologi militer hi-tech”, kata Babis pada wartawan tanggal 10 November setelah pertemuan di Brussels awal bulan ini dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Babis dijadwalkan untuk mengunjungi Thailand pada Januari 2019 untuk mengadakan pembicaraan lebih lanjut dengan mitra Thailandnya mengenai potensi untuk penjualan L-39NG, yang secara resmi diumumkan pada pertengahan Oktober 2018.

Jet latih tempur generasi baru, L-39NG buatan Ceko © Aero Vodochody

Menurut IHS Jane, Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) saat ini mengoperasikan 24 unit jet pelatih L-39ZA Albatros, dan beberapa di antaranya telah digantikan oleh 12 unit T-50TH buatan Korea Aerospace Industries (KAI) yang dipesan tahun 2015.

Pertama kali diluncurkan pada Farnborough International Airshow 2014, L-39NG versi L-39 Albatross menampilkan mesin Williams International FJ44-4M yang lebih kuat, wet wing, kokpit modern, dan airframe pesawat yang lebih ringan dari pendahulunya.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *