Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Model Jet Tempur Generasi Keenam Rusia Bocor

Saluran TV Zvezda Rusia secara tidak sengaja menampilkan model jet tempur generasi keenam Rusia. Dalam siaran langsung televisi tersebut terungkap model jet tempur yang diperkirakan akan memiliki kecepatan hipersonik dan dalam versi tak berawak.

Desas-desus tentang jet tempur generasi keenam Rusia yang memiliki kecepatan hipersonik pernah diungkap dalam laporan TASS pada Juni 2016. Dalam laporan tersebut pesawat dijadwalkan akan melakukan penerbangan pertama pada 2025.

“Prototipe akan naik ke udara, seperti yang kita rencanakan, tidak lebih dari dua atau tiga tahun setelah 2020”, kata kepala direktorat program pesawat militer, United Aircraft Corporation (UAC) Vladimir Mikhailov saat itu.

Mikhailov menyatakan pesawat masih dalam dalam penelitian dan pengembangan, termasuk desain rekayasa.

Ahli militer menyebut proyek jet tempur hipersonik baru itu sebagai Pegeon yang akan memiliki ekor kembar besar untuk memungkinkannya menggunakan gelombang guncangan sendiri guna meningkatkan daya angkatnya dan mengurangi hambatan.

Jet tempur hipersonik generasi keenam hipersonik Rusia yang tidak disebutkan namanya akan melakukan perjalanan di atas 5-6 kali kecepatan suara. Sangat mungkin, kecepatan jelajah pesawat tempur masa depan akan sama hari ini  yakni 1.5-2 Mach.

Pejabat Rusia sendiri menolak berkomentar tentang citra model pesawat baru yang ditayangkan televisi tersebut.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *