Kombinasikan Rudal PL-15 dan PL-10, Siluman J-20 China Siap Saingi F-22

Siluman J-20 China dengan weapon bay terbuka, tampak  4 rudal PL-15 dan 2 rudal PL-10 (foto : emperornie via Wikipedia)

Menjelang penutupan Zhuhai Airshow 2018 sebulan lalu, China memamerkan dua pesawat tempur siluman J-20 yang terbang dengan kantung kompartemen rudal yang terbuka.

Tampak berjajar 4 rudal udara ke udara jarak jauh PL-15 didalam kantung kargo persenjataannya. Selain itu J-20 juga menggotong dua rudal udara ke udara jarak dekat PL-10 disisi luar badannya.

HARUS BACA :  Jenderal Valery Asapov dan Operasi Sungai Eufrat

Rudal PL-15 sepanjang 5,7 meter dengan sayap mungilnya diklaim mampu merontokkan target pesawat besar seperti pesawat tanker dan AWACS . Situs berita China bahkan mengklaim rudal PL-15 mampu mengatasi pesawat tempur stealth F-22 milik AS.

Berdesain lebih pendek 10 cm dan sayap lebih kecil daripada standarnya, sepertinya rudal PL-15 ini merupakan varian khusus agar muat dalam weapon bay J-20.

Menggunakan sistem pengendus seeker active radar yang lebih canggih dan motor roket ganda, menjadikan rudal stealth PL-15 mampu mengunci pesawat musuh dengan lebih baik dan memiliki jangkauan hingga 300 km.

HARUS BACA :  Jalur Perakitan F-35 Italia Terancam Demonstrasi
HARUS BACA :  Kontingen TNI AD Sabet Bersih Medali Emas di Hari Pertama AARM 2018

Sedangkan rudal jarak pendek PL-10 selain mampu merontokkan pesawat tempur, juga diklaim mampu menghadang serangan rudal musuh yang menyerang J-20.

Dilengkapi dengan sistem penjejak Multi-Element Imaging Infrared Seeker dan kemampuan anti-jamming, rudal generasi 5 ini memiliki kemampuan manuver yang sulit diduga pesawat musuh karena menggunakan roket motor dengan daya dorong vectoring

Kombinasi rudal PL-15 dan rudal PL-10 membuat pesawat tempur J-20 berani bersaing dengan pesawat tempur generasi 5 milik AS maupun Rusia. Bahkan menurut ahli militer China Song Zongping, J-20 akan “terlibat dengan pesawat tempur saingan di masa depan yang berani memprovokasi China di udara.”

HARUS BACA :  Kanada Bisa Persulit Pengadaan Jet Tempur Bagi Perusahaan AS

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Su-35 Rusia Latihan Hancurkan Pesawat Musuh

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  F-2 Jepang Vs J-10 China, Pertempuran Dua Keturunan F-16