Peresmian Satuan Udara Koarmada II

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., meresmikan Satuan Udara Koarmada II. (TNI AL)
Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., meresmikan Satuan Udara Koarmada II. (TNI AL)

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., meresmikan Satuan Udara Koarmada II (Satudkoarmada II) dan melantik Komandan Satuan Udara Koarmada II (Dansatudkoarmada II) Letkol Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M. Tr (Han), dalam suatu upacara Militer, bertempat di Dermaga Madura, Mako Koarmada II. Surabaya. Jum’at (23/11/2018).

Dilansir dari laman Koarmada II (23/ 11), Dalam amanatnya Pangkoarmada II menyampaikan upacara peresmian satuan udara koarmada II merupakan realisasi dari kebijakan pemimpin TNI tentang gelar satuan, sebagai bagian dari upaya pembangunan dan pembinaan kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam gelar kekuatan TNI Angkatan Laut secara keseluruhan.

HARUS BACA :  Ini Dia EC725 Cougar, Heli SAR-pur Baru TNI AU

Pembentukan Satuan Udara Koarmada II, didasarkan kepada analisa kebutuhan pelaksanaan tugas pokok Koarmada dengan beban wilayah kerja yang luas ditinjau dari pelaksanaan fungsi pertahanan yang menyangkut aspek penegakkan kedaulatan dan hukum di laut, maupun dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis.

Lebih jelas Pangkoarmada II menjelaskan ada dua pertimbangan pokok yang mendasari terbentuknya satuan udara koarmada II, yaitu pertama, perkembangan lingkungan strategis dan wilayah tugas koarmada yang sangat luas serta kompleksitas permasalahan yang dihadapi perlu diantisipasi dengan baik.

Kedua, dinamika perkembangan organisasi dan tuntutan reformasi birokrasi pemerintah serta untuk mewujudkan visi pemerintah Indonesia sebagai poros maritim dunia, dirasakan perlu adanya validasi organisasi sebagai salah satu mekanisme untuk melakukan revitalisasi kedudukan, tugas dan fungsi yang disesuaikan dengan tuntutan tugas, dimana pembentukan satuan udara yang dimaksud bukan semata- mata sebagai pengembangan kekuatan, akan tetapi sebagai upaya untuk meningkatkan peran komando dan pengendalian sehingga satuan gelar ke depan dapat melaksanakan tugas secara optimal.

HARUS BACA :  Bantuan Logistik Korban Gempa Lombok Disalurkan Melalui Udara
HARUS BACA :  Bahrain Beli 19 F-16 Viper, Upgrade 20 Blok-40 ke Viper

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka pembentukan satuan udara Koaramada II merupakan kebutuhan yang diharapkan mampu menunjang kepentingan pertahanan di laut.

Tak lupa pula Pangkoarmada II mengucapkan  selamat atas kepercayaan pemimpin TNI Angkatan Laut sebagai Komandan Satuan Udara Koarmada II kepada Letkol Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M. Tr (Han).

Pangkoarmada II berharap kepada Komandan Satuan Udara Koarmada II pengamanan dan latihan di wilayah kerja Koarmada II akan lebih optimal, sehingga dapat menjamin penggunaan laut untuk kepentingan sendiri dan mencegah penggunaan laut oleh lawan atau untuk kepentingan lawan, serta dapat menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

HARUS BACA :  Rapat Kerja Sama Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan Antara Indonesia, Spanyol dan Serbia

Tugas satuan udara koarmada II diharapkan untuk mampu mengkoordinasikan, menyiapkan dan mengendalikan kesiapsiagaan tempur pesawat udara (pesud) TNI Angkatan Laut yang di BKO kan dalam fungsi peperangan intai taktis, anti kapal selam (aks), anti kapal permukaan (akpa), pasukan pendarat (pasrat) lintas helikopter, dukungan logistik cepat, dan pengamanan laut wilayah koarmada ii sebagai komponen sistem senjata armada terpadu (ssat) dalam rangka mendukung tugas koarmada II.

HARUS BACA :  Gaet Abu Dhabi, PT PAL Penetrasi Pasar Global

Hadir dalam acara tersebut Danpuspenerbal,  Asisten Pangkoarmada II, Pater Sahli Pangkoarmada II, Kasatker Mako Koarmada II, Komandan Unsur pangkat Kolonel yang berada di Pangkalan Surabaya.

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Rusia Siap Jadi Sekutu Militer Bisa Diandalkan Indonesia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here