Media: SSBN China Lebih Banyak dari Data CSIS & Pentagon

Kapal selam peluncur rudal balistik Jin-Class (Type 094) Angkatan Laut PLA © USNI via Wikimedia Commons modified by Militer.or.id

Militer.or.id – Sebuah analisis terbaru menunjukkan bahwa Lembaga Think Tank Amerika Serikat dan Pentagon telah meremehkan jumlah kapal selam nuklir China yang sedang dan telah dibangun hingga saat ini,  menurut laporan Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Foto-foto yang diambil dari Bohai Shipyard dan juga Longpo Naval Facility menunjukkan bahwa China memiliki lebih banyak kapal selam serang nuklir dalam pembangunan dari yang telah diyakini sebelumnya, menurut Defense One pada hari Selasa. Laporan tersebut menyebutkan ada satu kapal selam ekstra yang sedang dibangun yang sebelumnya tidak disebutkan dalam data Pentagon.

HARUS BACA :  Kapal Induk Admiral Kuznetsov Akan Miliki Keunggulan Laut dan Udara

Namun demikian, hingga kini hanya ada sedikit kapal selam nuklir China yang beroperasi menurut keyakinan dari lembaga-lembaga Barat, yaitu Departemen Pertahanan AS serta Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS).

CSIS dan Pentagon memperkirakan armada kapal selam nuklir kelas Jin atau kelas 094 China yang beroperasi dilautan ada empat. Namun dua kapal selam itu “kelihatannya tidak beroperasi”, kata Catherine Dill dari Pusat Studi Nonproliferasi James Martin di Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey, seperti dikutip oleh Defense One.

HARUS BACA :  Indonesia Ditargetkan Mandiri Alutsista Tahun 2045
HARUS BACA :  Pelatihan Mitigasi Aksi Terorisme Integrative – Militer.or.id

Secara khusus, dalam Laporan Militer China tahun 2018 yang diterbitkan oleh Pentagon dan China Power yang diterbitkan oleh CSIS menyatakan bahwa China cuma mempunyai empat kapal selam aktif dari kelas 094.

Sebagai perbandingan, armada pasukan nuklir Rusia menampilkan sembilan kapal selam nuklir strategis “yang menyediakan patroli militer berkelanjutan di laut”, sebut Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu pada bulan Mei 2017.

“Angkatan Laut Rusia juga berencana untuk meningkatkan jumlah kapal selam nuklir strategis menjadi 13 unit, termasuk tujuh unit kapal selam Borey-Class dengan rudal Bulava”, katanya.

Armada kapal selam bertenaga nuklir AS memiliki 14 unit kapal selam kelas Ohio, yang sebanding dengan ukuran Borey-Class Rusia dan juga kapal selam kelas Type 094 China.

HARUS BACA :  AS Tolak Sahkan Pesawat Rusia Inspeksi Perjanjian Open Skies

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Uji Dinamis Pembuatan Purwarupa Radar Pasif 2018

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here