Menelaah Jatuhnya Su-27 Ukraina Diawaki Pilot AS

Menelaah Jatuhnya Su-27 Ukraina Diawaki Pilot AS

Su-27 Ukraina (foto : Wikipedia)

Jatuhnya pesawat tempur Su-27 Ukraina yang diawaki oleh pilot dari AS dan instruktur pilot dari Ukraina sewaktu latihan tempur Clear Sky 2018 di Ukraina memperlihatkan beberapa hal menarik yang layak dicermati.

Menarik karena AS menerjunkan pilot dari kesatuan Fighter Squadron ke 144 dari Fresno Air National Guard yang berpangkalan di California. Pilot dari Garda Nasional Udara yang bukan pilot garis depan AS menjajal kemampuan pesawat tempur Su-27 yang terkenal berkemampuan ‘manuver tinggi’.

Jatuhnya Su-27 kemungkinan memperlihatkan belum siapnya pilot tersebut dalam menggunakan pesawat tempur Rusia yang dirancang dengan doktrin tempur berbeda dengan pesawat tempur buatan AS.

Adanya doktrin yang berbeda dari pesawat tempur buatan Rusia dan AS. Pesawat tempur Rusia dirancang dengan doktrin tempur dengan kemampuan manuver ’G’ yang tinggi.

Doktrin Rusia adalah masuk menyusup dengan kecepatan subsonic dengan ketinggian rendah dan menyerang fasilitas – fasilitas musuh dengan ketepatan tinggi.

Pesawat tempur Rusia kemudian melakukan manuver melarikan diri dengan kecepatan penuh supersonic dan putaran atau manuver tinggi untuk menghindari serangan anti udara dan kejaran pesawat tempur musuh.

Kombinasi dari kecepatan tinggi dan manuver tajam kemungkinan membuat pilot AS kehilangan kesadaran dan di saat yang sama instruktur tidak dapat mengendalikan pesawat tempur yang mengakibatkan jatuhnya Su-27 dengan menewaskan keduanya.

Ketika seorang pilot Rusia mengemudikan satu jet tempur, itu adalah mesin yang benar-benar berbeda dan proses manajemen jalur penerbangan, yang dicirikan oleh apa yang disebut Lefert doctrine of stroke of the target machine, tikungan tajam dari jalur penerbangan dan transisi ke mode melarikan diri dengan supersonik.

Doktrin penerbangan ini berasal pada awal 1970-an di Uni Soviet sebagai alat bagi pilot untuk memiliki kekuatan dan waktu yang cukup setelah menyerang target NATO. Pendekatan terhadap target adalah pada kecepatan subsonik rendah, setelah menyelesaikan tugas menggunakan belokan tajam dan manuver untuk menghindari kerusakan dari anti-aircraft flap, tetapi mesin berguling ke belakang dengan beban yang sangat besar pada pilot dan melaju ke depan dengan steady, kemudian mendorong mesin ke penerbangan melarikan diri supersonik di tingkat penerbangan yang lebih tinggi.

Tugas utama dari doktrin Rusia ini adalah untuk menyelamatkan pilot agar dia tidak tertembak di medan perang di mana mesin adalah yang paling rentan. Mesin Rusia tidak bisa diujicobakan dengan cara Amerika. Pesawat Rusia dirancang dengan konsep manuver yang tinggi untuk melakukan pukulan tepat di ruang kecil dengan radius jari-jari mesin yang minimum. Dikombinasikan dengan kesibukan yang tinggi, sangat mungkin bahwa pilot Amerika kehilangan kesadaran pada terbang kecepatan tinggi dan untuk beberapa alasan instruktur tidak dapat memperbaiki kesalahan ini. Itu benar-benar bisa terjadi, tetapi instruktur harus siap untuk situasi seperti itu.

Tapi kita kembali lagi ke pertanyaan mengapa latihan NATO ini menuntut latihan tajam dan pilot Amerika berada di kabin mesin Rusia? Menguji manuver seperti itu untuk latihan NATO adalah benar-benar perjudian dan masalah yang ganjil, dirilis parlamentnilisty.cz, 19/11/2018.

Sumber: parlamentnilisty.cz

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *