Rusia Serang Tiga Kapal AL Ukraina

Rusia Serang Tiga Kapal AL Ukraina

Foto yang dirilis oleh AL Ukraina tampak dua kapal Angkatan Laut Ukraina di dekat Krimea ketika terjadi insiden dengan AL Rusia, Minggu (25 11). (AP)
Foto yang dirilis oleh AL Ukraina tampak dua kapal Angkatan Laut Ukraina di dekat Krimea ketika terjadi insiden dengan AL Rusia, Minggu (25/11). (AP)

Rusia menembak dua kapal Angkatan Laut Ukraina dan menabrak kapal ketiga di Laut Hitam hari Minggu (25/ 11). Rusia menuduh kapal-  kapal Ukraina itu memasuki wilayah perairannya secara ilegal.

Dilansir dari laman VoA (26/ 11), Para pejabat Ukraina mengatakan sedikitnya enam pelaut terluka dan membantah melakukan kesalahan — menuduh Rusia melakukan agresi militer.

“Aksi-aksi semacam itu mengancam keamanan semua negara di wilayah Laut Hitam dan karenanya memerlukan respon yang jelas dari masyarakat internasional,” kata kementerian luar negeri Ukraina.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) menuduh Ukraina sengaja melakukan provokasi.

“Senjata-senjata digunakan dengan tujuan untuk menghentikan paksa kapal-kapal perang Ukraina. Akibatnya, ketiga kapal angkatan laut Ukraina itu disita di wilayah perairan Federasi Rusia di Laut Hitam,” kata sebuah pernyataan FSB.

Insiden hari Minggu itu dimulai ketika sebuah kapal tunda Ukraina berlayar untuk memandu dua kapal angkatan laut dari Odessa, di Laut Hitam, melintasi Selat Kerch Strait ke pelabuhan Mariupol, Ukraina di Laut Azov.

Sebuah pertemuan Dewan Keamanan darurat telah dijadwalkan besok pukul 11 pagi, kata Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, lewat twitter Minggu malam.

Baik NATO dan Uni Eropa mengeluarkan pernyataan Minggu malam, mendesak kedua pihak untuk saling “menahan diri” sementara NATO menyerukan Rusia untuk “memastikan terbukanya akses tanpa hambatan ke pelabuhan-pelabuhan Ukraina di Laut Azov sesuai dengan hukum internasional.”

Editor: ()

GLOBALMiliter

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *