Su-57 Rusia Akan Dibekali Radar Fotonik

Su-57 - Fotonik Radar (ROFAR)
Su-57 (planeman)

Industri pertahanan Rusia, KRET, mengaku telah mengembangkan prototipe sistem radar fotonik atau photonic radar. Saat ini mereka sedang membangun sistem tersebut dalam skala penuh.

Dilansir dari laman Viva (26/ 11), KRET menyebutkan bahwa radar ini akan diinstal di jet tempur siluman Su-57 dan pesawat tanpa awak atau drone, pada tahun 2020.

Radar fotonik mampu menyediakan pencitraan gelombang radio ketika sebuah gambar memiliki detail yang lebih besar.

HARUS BACA :  Prancis Jerman Sepakat Kembangkan Jet Tempur Masa Depan

Menurut Penasehat Utama dan Wakil Kepala Eksekutif KRET, Vladimir Mikheyev, sebuah radar fotonik menggantikan sirkuit elektronik lama radar konvensional dengan laser dan kemudian menghasilkan sinyal frekuensi radio berkualitas tinggi.

“Radio-fotonik pada radar mampu ‘melihat’ lebih jauh dari radar yang ada,” kata Mikheyev, seperti dikutip dari situs Military Aerospace, Senin, 26 November 2018.

Ia melanjutkan, radar fotonik tetap menggunakan gelombang radio untuk menemukan obyek seperti sistem konvensional. Tapi, fungsi laser di sini berfungsi untuk menjangkau frekuensi hingga ratusan Ghz.

HARUS BACA :  Batch Pertama Jet Tempur Su-57 Segera Diteken
HARUS BACA :  Lanal Banyuwangi Latih Calon Pilot BP3, Jungle Sea Survival

“Saat ini radar laut dan kontrol lalu lintas udara biasanya beroperasi dalam kisaran 1-12 gigahertz,” ungkap Mikheyev.

Ia juga mengklaim bahwa efisiensi radar ini mencapai 70 persen, atau lebih tinggi dari radar konvensional yang hanya memiliki efisiensi sekitar 40 persen.

Selain Rusia, Italia sudah mengembangkan lebih dahulu radar fotonik. Pada 2014, Italia mengembangkan apa yang dinamakan sistem radar koheren pertama yang sepenuhnya berbasis fotonik atau PHOtonic-based full DIgital Radar (PHODIR).

HARUS BACA :  Israel Kerahkan 100 Penembak Jitu ke Jalur Gaza

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Peminat S-400 Meningkat Setelah Beroperasi di Suriah

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Tawaran Kerja Sama Pembuatan Kapal Selam, UAV dan Control Systemnya