Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Apakah 24 Unit Su-35 China Sudah Lengkap ?

ilustrasi: SU-35 Rusia. (Dmitry Terekhov via commons.wikimedia)

China membeli 24 pesawat tempur Su-35 Rusia pada tahun 2015 dan pengirimannya dilakukan dalam tiga batch. Pada akhir tahun 2016 dan 2017, dua batch pertama yang terdiri dari 14 unit Su-35 telah dikirimkan kepada China.

Batch terakhir 10 unit awalnya direncanakan akan diselesaikan pada akhir tahun ini, namun media Rusia melaporkan bahwa Cina dan Rusia telah menyelesaikan pengiriman batch terakhir Su-35, dirilis situs Tiawan, ltn.com.tw, 27/11/2018.

Kabar bahwa batch terakhir Su-35 telah diserahkan sebenarnya berbeda dengan pernyataan pejabat Rusia sebelumnya yang mengatakan bahwa enam Su-35 terakhir yang siap dikirim ke China belum dikirim, dan mungkin akan ditunda hingga awal 2019.

Tass melaporkan total nilai kontrak pembelian 24 pesawat tempur Su-35 Tiongkok dari Rusia adalah sekitar 2,5 miliar dolar AS. Yang berarti harga setiap Su-35 terhitung lebih mahal daripada harga F-35 AS. Selain lebih mahal, kokpit Su-35 China masih menggunakan bahasa Rusia, yang mengharuskan pilot untuk mempelajari dahulu bahasa Rusia.

Meski sudah mampu memproduksi pesawat tempur canggih, China ternyata masih membutuhkan pesawat tempur terbaik buatan Rusia. Hal ini kemungkinan karena China masih membutuhkan mesin-mesin Su-35 untuk dicangkokkan ke pesawat tempur generasi kelima J-20. Sebelumnya dikabarkan selain membeli pesawat tempur, China juga membeli unit mesin cadangannya.

Bukan hanya akan dicangkokkan, menurut pengamat militer kemungkinan China juga akan menjiplak dan menduplikat mesin Saturn AL-117S untuk melengkapi armada pesawat tempurnya.

China juga membutuhkan pesawat tempur Su-35 yang siap tempur dan memiliki daya jelajah jauh untuk mengamankan perbatasannya yang luas. Disamping itu China juga membutuhkan ketangguhan dan kecanggihan Su-35 untuk menghadapi dan mengimbangi pesawat tempur termutakhir milik India, AS dan sekutunya.

sumber: LTN

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *