Rusia Sebut Luncurkan Tiga Satelit Militer, Tapi Amerika Mendeteksi Lima Objek

Rusia Sebut Luncurkan Tiga Satelit Militer, Tapi Amerika Mendeteksi Lima Objek

Militer Rusia mengatakan berhasil menempatkan tiga satelit komunikasi rahasia ke orbit pada 1 Desember 2018 bersama dengan roket tahap atas yang menempatkan mereka di sana. Namun menurut Pusat Operasi Antariksa Gabungan militer Amerika, atau Combined Space Operations Center (CSpOC) ada objek kelima yang terdeteksi dan tidak diumumkan Rusia. Kemungkinan satelit lain yang tidak diumumkan tersebut menumpang ke ruang angkasa pada peluncuran.

Menurut RussianSpaceWeb.com kendaraan peluncuran Rokot / Briz-KM meluncur dari Pad 3 di Situs 133 di Plesetsk Cosmodrome di Western Russia pada 30 November 2018 tepat sebelum jam 17.30 waktu setempat. Sekitar pukul 19.12, tiga satelit komunikasi Rodnik telah ditempatkan di orbitnya. Rusia telah menamai trio satelit Kosmos-2530, Kosmos-2531, dan Kosmos-2532.

Namun CSpoC, serta North American Aerospace Defense Command (NORAD), mencatat peluncurannya sedikit berbeda. Informasi tentang Space-Track.org, situs web pemerintah Amerika yang secara terbuka merilis data tentang peluncuran ruang angkasa dari CSpoC dan NORAD, mencantumkan Objek A sampai E sebagai dari hasil peluncuran dari Plesetsk. Lima objek tersebut mencakup tiga satelit dan roket tahap atas, sementara objek kelima tidak dapat dijelaskan.

Ada kemungkinan bahwa roket tahap atas terpecah menjadi beberapa bagian yang cukup besar untuk militer Amerika melacak secara mandiri. Tiga benda – A sampai C – pada dasarnya memiliki perigee yang sama, titik di orbitnya di mana mereka berada paling dekat ke bumi. Dua objek lainnya – D dan E – berbagi perigee yang berbeda.

Data mengenai peluncuran 30 November 2018 dari Plesetsk Cosmodrome di Space-Track.org

Tetapi ada juga kemungkinan yang jelas bahwa ini bisa menjadi apa yang disebut “inspector satellite”. Lebih lanjut tentang itu nanti, tetapi kami benar-benar telah melihat hampir persis hal yang sama terjadi setidaknya satu kali sebelumnya.

Pada 23 Mei 2014, kendaraan peluncuran Rokot / Briz-KM juga menempatkan tiga satelit komunikasi Rodnik ke orbit. Sekali lagi, militer Amerika melacak lima objek, dengan Object E, dalam hal ini, berubah menjadi satelit inspektur yang dikenal sebagai Kosmos-2499. Para perigees dan data lain untuk lima objek sangat mirip dalam kasus terakhir.

Kelima benda yang dilacak militer Amerika setelah Rusia meluncurkan tiga satelit komunikasi Rodnik pada 23 Mei 2014. Patut dicatat bahwa dalam hal ini inspektur satelit Kosmos-2499, juga berbagi perigee yang sama dengan objek terakhir yang tidak disebutkan.

Jika Objek E yang baru ini ternyata adalah satelit inspektur lain, maka Rusia sekarang telah meluncurkan setidaknya lima satelit inspector ini (setidaknya dari yang diketahui). Rusia meluncurkan tiga pertama – Kosmos-2491, Kosmos-2499, dan Kosmos-2504 – antara 2014 dan 2015. Pada Juni 2017, Rusia menempatkan satelit keempat ke orbit yang dikenal sebagai Kosmos-2519.

Aapa itu inspector satellite atau satelit inspektur? Mereka pura-pura melakukan itu, memeriksa benda-benda lain di luar angkasa. Dari perspektif positif, ini masuk akal, karena memberikan personel di darat sarana menyelidiki objek yang rusak atau tidak berfungsi di ruang angkasa sebelum memutuskan cara terbaik untuk melanjutkan dengan perbaikan atau penggantian.

Bahkan ada yang menyebutkan satelit-satelit ini bermanuver untuk melakukan perbaikan. Amerika Serikat dan China, serta Rusia, semuanya telah mengembangkan jenis satelit ini.

Video di bawah ini menunjukkan konsep yang diluncurkan Defense Advanced Research Projects Agency tentang inspector satellite yang disebut Robotic Serving Vehicle (RSV).

Namun, orbital inspektur yang sama ini dapat berfungsi ganda sebagai mata-mata atau senjata orbital. Pesawat ini, menurut definisi, mampu melakukan manuver yang tepat untuk mendekati objek yang diminati, memiliki kamera, dan mungkin memiliki lengan manipulator kecil untuk membantu pekerjaan mereka.

Ini akan dengan mudah memungkinkan mereka untuk mengumpulkan intelijen di satelit asing atau mungkin menonaktifkan bahkan menghancurkan mereka. Mereka bahkan mungkin membawa suite peperangan elektronik mereka sendiri atau sistem lain untuk membutakan atau melipatgandakan target mereka.

Objek ini mungkin menawarkan Rusia cara untuk menemukan satelit mata-mata rahasia negara-negara tertentu, seperti Amerika Serikat kemudian menyadap atau merusaknya.

Ukuran kecil mereka dapat membuat mereka sulit dilacak, terutama jika mereka bersembunyi di samping target mereka, diam menunggu, atau bercampur dengan jumlah  sampah ruang angkasa yang melayang luas di atmosfer Bumi.

Kremlin secara kategoris membantah bahwa salah satu dari satelit-satelit, yang disebutnya sebagai “pengawas peralatan antariksa,” adalah senjata. Dan diyakini Amerika pun memilikinya.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *