Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Alasan Ini Yang Membuat Nuklir Rusia Bisa Ungguli Amerika

Isu tentang nuklir antara Amerika dan Rusia kembali menghangat setelah Presiden Amerika Serikat mengatakan akan menarik diri dari perjanjian pembatasan nuklir jarak menengah yang dikenal sebagai ntermediate-Range Nuclear Forces (INF) tahun 1987.  Pakta antara Amerika dan Uni Soviet melarang pembangunan dan penyebaran rudal balistik berbasis darat dengan rentang antara 500 dan 5.500 kilometer.

Amerika menuduh Rusia telah melanggar kesepakatan itu dengan mengembangkan rudal berbasis darat yang melanggar pembatasan tersebut. Rusia pada gilirannya membantah dan menyebut rencana Amerika untuk menarik diri dari perjanjian akan membawa dunia ke jurang perlombaan senjata nuklir seperti era Perang Dingin.

Dalam konteks ini mungkin menarik untuk mengevaluasi tentang kekuatan nuklir di Amerika Serikat dan Rusia. Bagaimana situasi ini mempengaruhi keseimbangan strategis, dan pihak dari mulai konflik? Dan prospek apa untuk pembangunan dua negara adidaya dengan kekuatan nuklir?

nuklir

Hulu Ledak

New Start Treaty yang ditandatangani pada tanggal 8 April 2010, oleh Presiden Obama dan Medvedev untuk mengurangi jumlah masing-masing negara dari hulu ledak nuklir menjadi 1.550.

Jumlah peluncur rudal balistik antarbenua (ICBM) dan pembom strategis berat terbatas pada 700. Menurut data yang diterbitkan oleh Departemen Luar Negeri Amerika pada 1 April tahun tersebut, kedua belah pihak berada di angka yang sudah mendekati perjanjian.

Amerika Serikat memiliki 741 peluncur dilengkapi dengan 1.481 hulu ledak nuklir, sementara Rusia memiliki 521 peluncur dengan 1.735 hulu ledak nuklir. Perbedaannya tidak signifikan, dan tidak mempengaruhi keseimbangan strategis.

Rusia memiliki lebih sedikit peluncur saat ini, tapi yang harus dipertimbangkan adalah fakta bahwa ICBM membawa MIRV (multiple independently targetable reentry vehicles) memiliki jangkauan yang lebih luas dari penggunaan satu ICBM dapat membawa sampai sepuluh hulu ledak. Dalam hal ini Rusia justru lebih unggul karena memiliki lebih banyak hulu ledak nuklir.

Minuteman III
Minuteman III

ICBM Amerika Kuno

Satu-satunya ICBM berbasis darat yang ada dalam pelayanan Amerika adalah LGM-30G Minuteman III. Setiap rudal membawa satu hulu ledak W87 dengan kapasitas hingga tiga ratus kiloton (meskipun dapat membawa sampai tiga hulu ledak). Rudal terakhir diproduksi pada tahun 1978, yang berarti rudal termuda telah berusia 38 tahun. Rudal telah diupgrade berkali-kali, dan dimaksudkan untuk digunakan sampai tahun 2030.

Upaya Amerika untuk membangun sistem ICBM baru yang dikenal sebagai GBSD (Ground-Based Strategic Deterrent) tampaknya menemui jalan buntu di tingkat tahap pembahasan. Angkatan Udara AS meminta US$62,3 miliar untuk pengembangan dan memproduksi rudal baru, dan berharap menerima US$113,9 juta pada tahun 2017. Namun, Gedung Putih tidak mendukung permintaan ini. Bahkan, banyak yang menentang ide tersebut. Perkembangan dari masalah ini  mungkin akan tergantung pada keputusan presiden baru.

Perlu dicatat bahwa pemerintah AS akan menghabiskan uang dalam jumlah yang menakjubkan pada senjata nuklir yakni  sekitar US$348 miliar pada tahun 2024, US$ 26 miliar di antaranya ditujukan untuk ICBM. Dan US$26 miliar tidak cukup untuk GBSD. biaya yang sebenarnya mungkin lebih tinggi, mengingat bahwa sudah sejak lama Amerika Serikat tidak memproduksi ICBM darat baru.

Rudal terbaru, LGM118A Peacekeeper, ditempatkan pada tahun 1986, tetapi semua lima puluh dari mereka dihapus dari tugas tempur secara sepihak pada tahun 2005-dan itu aman untuk mengatakan bahwa LGM118A Peacekeeper adalah peningkatan dibandingkan dengan Minuteman III, karena Peacekeeper bisa membawa sampai sepuluh hulu ledak.

Meskipun kegagalan Start II Perjanjian, yang melarang penggunaan MIRVs, Amerika Serikat menyerah MIRVs sendiri. kredibilitasnya hilang karena harga yang tinggi, dan skandal yang terungkap bahwa rudal yang kurang sistem bimbingan mengudara selama hampir empat tahun (1984-1988). Di atas itu, produsen rudal mencoba untuk menyembunyikan keterlambatan pengiriman-semua sementara Perang Dingin hendak berakhir.

NEXT: ICBM BERBASIS DARAT RUSIA MODEREN

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *