Putin: Tidak Ada Pembicaraan Pembebasan Pelaut Ukraina

Putin: Tidak Ada Pembicaraan Pembebasan Pelaut Ukraina

ilustrasi: kapal perang ukraina (credit: commons.wikimedia)

Buenos Aires – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Sabtu, tak ada pembahasan dengan Ukraina mengenai kemungkinan pembebasan para pelaut Ukraina yang ditahan bersama dengan kapal-kapal mereka oleh Rusia bulan lalu, dirilis Antara, 1/12/2018.

Putin berbicara dengan wartawan di sela konferensi tingkat tinggi Kelompok 20 (G20) di Buenos Aires. Rusia menolak seruan-seruan internasional agar membebaskan tiga kapal angkatan laut Ukraina, yang kapal-kapal patroli perbatasannya tembak dan sita di selat dekat Krimea –wilayah yang dicaplok Rusia akhir pekan lalu.

Moskow menuding 24 pelaut tersebut melintasi perbatasan Rusia secara tidak sah.

Putin mengatakan, ia tidak akan memberlakukan pembatasan atas para warga Ukraina yang masuk ke Rusia sebagai balasan setelah Kiev memberlakukan larangan atas para pria Rusia yang berusia 16 hingga 60 tahun memasuki wilayahnya.

Setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencana pertemuan dengan Putin di KTT G20, menyebut ketegangan militer dengan Ukraina sebagai alasan, pemimpin Rusia itu mengatakan tak ada prasyarat untuk pembicaraan bilateral di masa mendatang.

“Sangat disayangkan kami tak berhasil mengadakan pertemuan lengkap, yang sudah lama dinanti-nantikan,” kata Putin, menambahkan bahwa isu-isu stabilitas strategis akan menjadi sangat penting.” Putin dan Trump bertemu singkat di sela KTT G20 pada Jumat, kata pembantu Kremlin Yuri Ushakov. Pemerintah Trump telah menuduh Rusia tidak mematuhi perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) yang sudah berlaku 31 tahun dan pihaknya akan keluar dari perjanjian itu. Kremlin membantah melanggar perjanjian tersebut.

“Ini terkait dengan isu stabilitas strategis, khususnya setelah presiden (Trump, red) menyatakan keinginannya menarik diri dari perjanjian peluru kendali INF,” kata Putin.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *