Boomer Baru Rusia Mulai Uji Laut, Dua Lagi Dibangun

Kapal selam rudal balistik Kelas Borey terbaru Rusia, Prince Vladimir mulai melakukan uji laut. Moskow pun bertekat untuk membangun dua lagi jenis kapal selam yang juga disebut sebagai boomer ini hingga akhirnya mereka memiliki 11 armada.

Pertama kali diperkenalkan pada 2007, kapal selam rudal balistik kelas Borey adalah kapal selam Rusia yang pertama kali dibangun sejak akhir Perang Dingin.

Meski dalam hal berat kelas Borey jauh yang berbobot 24.000 ton sangat tidak sebanding dengan kapal selam kelas Typhoon seberat 48.000 ton, mereka masih dapat membawa 16 rudal balistik kapal selam Bulava  yang menjadikan mereka bagian yang kuat dari triad nuklir Moskow.

HARUS BACA :  Pesawat Mata-Mata Amerika Terus Intai Pangkalan Udara Rusia di Suriah
Kapal Selam Kelas Borey Dolgurkiy

Tiga kapal kelas ini sudah dalam pelayanan, dua kapal baru akan menjadi kelas Borey-A  yang lebih canggih.

Kapal selam dibangun di kota Severodvinsk di utara, di mana galangan kapal Sevmash berlokasi dan dimulai pada 2024. Belum ada nama untuk dua kapal yang akan dibangun.

HARUS BACA :  Australian AWD Program Advances

Prince Vladimir pergi ke lautan untuk pertama kalinya pada 28 November 2018 lalu. Versi ini ditingkatkan dengan sistem propulsi yang lebih baik.

Rusia bukan satu-satunya negara yang mengembangkan armada kapal selam rudal balistiknya. Angkatan Laut Amerika sedang dalam proses pembanguan 12 kapal selam kelas Columbia yang akan menggantikan armada kelas Ohio. India maupun Korea Selatan juga meluncurkan kapal selam rudal balistik pertama mereka awal tahun ini.

HARUS BACA :  C-2 Greyhound US Navy Jatuh di Laut Filipina

 

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Nurul Teje
Nurul Tejehttps://www.militer.or.id
Sangat berminat kepada hal hal yang berbau alutsista Rusia dan Soviet. Mampu mendeskripsikan dengan baik pesawat pesawat tempur buatan Soviet dalam diskusi seru. Kontak jika mau ngopi bareng dan berbincang seru.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.3k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Amerika Luncurkan Rudal Antar-Benua Minuteman III

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here