Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

India: Kapal Selam Cina Terlacak di Samudera Hindia

Yuan (Type 039A) Class Attack Submarine. (United States Naval Institute News Blog)

Militer.or.id  –   China menyatakan bahwa penyebaran kapal perangnya di Samudera Hindia terutama untuk mendukung operasi anti-pembajakan di Teluk Aden. Namun, sejak Oktober 2018, ketika kapal selam Cina ditemukan untuk pertama kalinya sejak insiden Doklam tahun lalu, India telah memilih untuk melihat aktivitasnya dengan hati-hati, dirilis pada Senin 3-12-2018 oleh Sputniknews.com.

Pada bulan Oktober 2018, Angkatan Laut India melacak kapal selam China yang melakukan penjelajahan ke Samudra Hindia selama sebulan, kata Kepala Angkatan Laut India Laksamana Sunil Lanba pada hari Senin 3-12-2018. Laksamana Lanba menambahkan lebih lanjut bahwa ada sekitar 6 hingga 8 kapal Angkatan Laut PLA Cina di Samudera Hindia pada waktu tertentu.

“India telah melacak kapal selam Tiongkok konvensional di wilayah Samudra Hindia; kapal selam Tiongkok tinggal selama 1 bulan dan sekarang telah kembali, ”kata Laksamana Sunil Lanba ketika berbicara pada konferensi pers pada hari Senin di New Delhi. Otoritas Tiongkok belum menanggapi pernyataan Kepala Angkatan Laut India.

Dipercaya bahwa Tiongkok mengerahkan kapal selam kelas-039A Yuan di Samudra Hindia untuk pertama kalinya sejak insiden Doklam tahun lalu, ketika pasukan Cina dan India terlibat dalam perselisihan sengit di pertikaian tri-junction India, Bhutan, dan China setelah perusahaan konstruksi jalan Cina diduga melakukan survei terhadap daerah tersebut.

Meskipun jumlah kapal perang Tiongkok di wilayah ini saat ini sekitar setengah dari 14 kapal yang hadir selama Doklam stand-off tahun lalu, 50 kapal Angkatan Laut India tetap waspada untuk mengamankan keamanan domain maritim India, sebagai bagian dari negara itu. Angkatan Laut India memiliki posisi dominan di wilayah Samudera Hindia, Laksamana Lanba mengatakan kepada media.

Sementara itu, untuk memperkuat kekuatan maritim, pemerintah India telah menyetujui pembelian sejumlah besar kapal dan jet tempur. “Kami memiliki superioritas luar biasa atas Pakistan di laut. Dalam kasus Cina, keseimbangan kekuasaan di Samudera Hindia menguntungkan kita. Demikian pula, keseimbangan kekuasaan di Laut Cina Selatan menguntungkan Cina, ”Laksamana Lanba menambahkan.

“Pemerintah telah menyetujui 56 kapal dan kapal selam. Beberapa di antaranya akan menggantikan armada yang ada dan termasuk kapal-kapal baru seperti kapal armada, kapal selam, dan penyapu ranjau, ”kata Laksamana Lanba.

Laksamana Lanba mengatakan rencana pembangunan akan memakan waktu satu dekade. Ke-56 kapal itu akan menjadi tambahan dari 32 kapal dan kapal selam yang sedang dibangun.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *