Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Spanyol Bergabung ke Jet Tempur Franco-Jerman, Italia Belanda ke Tempest?

Spanyol secara resmi mengumumkan minatnya untuk bergabung dengan proyek jet tempur siluman Franco-Jerman, yang biasa disebut sebagai Next Generation Weapon System atau NGWS.

Kementerian Pertahanan Spanyol mengumumkan rencananya dalam siaran pers pada 3 Desember 2018. Prancis dan Jerman secara terbuka bekerja sama untuk menyusun persyaratan untuk Sistem Operasi Tempur Udara (FCAS) sejak Juli 2017.  Sistem ini akan mencakup komponen berawak, yang dikenal sebagai Next Generation Fighter (NGF), berjejaring bersama dengan “loyal wingman ” tanpa awak, yang secara khusus membawa moniker NGWS. FCAS juga bisa memasukkan jenis drone lain, termasuk kendaraan udara tempur tanpa awak (UCAV), di masa depan.

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles meminta agar penggabungan Spanyol diformalkan, melalui penandatanganan Letter of Intentions (LOI/setara dengan MOU) tripartite. “Biaya menjadi anggota program diperkirakan sekitar 25 juta euro [sekitar $ 28,4 juta] untuk dua tahun ke depan.”

Dassault Prancis dan konsorsium penerbangan Eropa, Airbus saat ini sedang mengerjakan berbagai komponen FCAS, termasuk NGF dan NGWS. Pembuat mesin Prancis, Safran, dilaporkan telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan Jerman MTU untuk membangun mesin jet untuk jet tempur.

Pengumuman Spanyol tidak menyebutkan secara khusus tentang kerjasama industri yang diinginkan, meskipun Spanyol tampaknya tertarik untuk menjadi mitra penuh dalam program ini. Spanyol sudah menjadi mitra utama dalam program drone EuroMALE.

Tidak mengherankan  Spanyol  bersemangat  bergabung dengan program ini. Siaran pers Kementerian Pertahanan Spanyol mencatat bahwa negara itu memiliki 20 jet tempur Hornet EF-18A / B yang  perlu diganti sebelum tahun 2025 dan berharap untuk menghentikan 65 pesawat sisa pada tahun 2030. Angkatan Udara Spanyol menerima Hornet pertama di akhir 1980-an.

Selain itu, pada tahun 2016, pemerintah Spanyol dan Jerman telah bekerja sama dengan Airbus untuk mengembangkan persyaratan awal untuk konsep FCAS.

Sebuah Airbus infografis yang dirilis pada tahun 2017 yang menunjukkan rincian tentang program FCAS Prancis-Jerman, yang, dalam banyak hal, mirip dengan proyek Tempest Britania Raya.

Juga perlu dicatat bahwa Prancis, Jerman, dan Spanyol pada awalnya berkolaborasi, bersama dengan Italia dan Inggris, pada jet tempur generasi keempat Eurofighter EF-2000 Typhoon. Prancis kemudian keluar dari program itu dan membeli Dassault Rafale yang dirancang dan dibangun di dalam negeri.

Melihat sejarah masa lalu Prancis dan Jerman kemungkinan akan sangat menyambut minat Spanyol dalam proyek ini. Mitra tambahan akan membantu membagi beban biaya untuk pengembangan dan produksi pesawat terbang, serta mengoperasikan dan mempertahankannya.

Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan bahwa mereka membuat keputusan berdasarkan dua opsi Eropa yang saat ini tersedia. Selain FCAS Franco-Jerman, pilihan lain adalah program Tempest Inggris yang diumumkan oleh pemerintah pada Juli 2018.

Sama seperti FCAS, Tempest juga membayangkan kombinasi pesawat berawak dan tak berawak yang bekerja bersama dalam lingkungan jaringan tinggi.

Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan bahwa persyaratan FCAS dan Tempest sangat mirip sehingga mereka sangat mungkin untuk bergabung di masa depan guna membentuk satu program.

Yang  juga menarik tentang pernyataan Spanyol mengenai Tempest adalah pengungkapan bahwa pemerintah Italia dan Belanda juga merupakan bagian dari program itu. Kontraktor pertahanan Italia Leonardo dan konsorsium rudal MBDA Eropa, yang termasuk komponen Italia, sudah menjadi bagian dari Team Tempest, tetapi belum ada pengumuman resmi dari pemerintah Italia yang mempertimbangkan pembelian pesawat. Ini tampaknya merupakan penyebutan pertama kepentingan atau keterlibatan Belanda.

Masih ada kekhawatiran bahwa rencana Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, yang juga dikenal sebagai Brexit, dapat mengubah rencana kerja sama dalam program ini dengan negara lain di Eropa untuk alasan politik dan praktis. Kontraktor pertahanan Inggris BAE, yang memimpin program Tempest, telah mem-PHK para pekerja dari unit penerbangannya sebagai akibat dari ekonomi Inggris yang lesu.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *