Spanyol Ingin Menjadi Mitra Pada Proyek Jet Tempur Eropa

Prancis luncurkan desain jet tempur generasi ke-6 © F. Dosreis via Defence Blog

Militer.or.id- Menteri Pertahanan Spanyol, Margarita Robles, telah mngirimkan surat kepada rekan-rekannya dari Prancis dan Jerman, Florence Parly dan Ursula von der Leyen, akan minat kuat dari Pemerintah Spanyol untuk menjadi bagian dari proyek Jet Tempur Masa Depan Eropa yang dikenal sebagai New-Generation Weapon System (NGWS) sedang dikembangkan oleh Prancis dan Jerman.

Menurut rilis pers dari situs Kementerian Pertahanan Spanyol, dalam suratnya, Robles meminta agar partisipasi Spanyol diresmikan dengan penekenan Letter of Intent (LOI) atau Memorandum of Understanding (MOU) tripartit. Biaya kemitraan dalam proyek itu diperkirakan sekitar € 25 juta untuk dua tahun ke depan.

Konsep pesawat tempur generasi ke-6 Jerman-Prancis © Dassault Aviation via Youtube

Proyek NGWS ini bertujuan untuk menjadi pesawat tempur generasi kelima yang akan menggantikan jet tempur Eropa dalam pelayanan, seperti Eurofighter dan Rafale, mulai tahun 2040 mendatang.

HARUS BACA :  Ini Tindakan Israel Jika Suriah Gunakan Sistem S-300 Rusia

Saat ini, ada dua proyek bercita-cita untuk menjadi pejuang abad ke-21 Eropa:

  1. Program Franco-Jerman
  2. Program Tempest Inggris
HARUS BACA :  KASAU Sampaikan Pembangunan Renstra TNI AU Tahun 2015-2019

yang mana Belanda dan Italia telah bergabung. Kementerian Pertahanan Spanyol yakin bahwa kedua program tersebut pada akhirnya akan bergabung, mengingat investasi besar yang dibutuhkan dalam pengembangannya.

Inggris perkenalkan model jet tempur baru yang disebut Tempest © BAE Systems

Meskipun demikian, dan dengan minat untuk berpartisipasi dalam proyek dari tahap awal, Spanyol telah memutuskan untuk bergabung dengan proyek bersama Paris dan Berlin.

HARUS BACA :  Norwegia Berharap Turki Terima Permintaan Maaf, Atas Insiden Latihan NATO

NGWS digadang sebagai jet tempur berawak yang dikembangkan untuk beroperasi bersama dengan segerombolan drone yang berfungsi baik sebagai platform senjata dan sensor canggih.

Pada gilirannya, NGWS akan diintegrasikan ke dalam berbagai sistem (Future Combat Air System atau FCAS) yang akan mencakup drone MALE di mana Spanyol telah turut berpartisipasi dengan 23% pangsa serta satelit atau rudal jelajah.

HARUS BACA :  Foto-Foto Keren Heli Serang Mi-28UB

Selama beberapa tahun ke depan dan sebelum tahun 2025, Angkatan Udara Spanyol harus mengganti 20 unit jet tempur F-18 pertama yang dikerahkan dipangkalan Gando di Kepulauan Canary dan pada tahun 2030, sisanya sebanyak 65 pesawat.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

HARUS BACA :  Denmark Borong Banyak Rudal SM-2 Blok IIIA Untuk Fregat Iver Huitfeldt
Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  RSAF's New Drone Heron 1 Now Combat-Ready

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here