Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

KRI Torani-860 Koarmada I, Raih Kapal Teladan TNI AL 2018

KRI Torani-860 dikomandani Mayor Laut (P) Taufik Pamungkas, kapal yang telah mengarungi laut sejauh 319.085,5 mil, memiliki 36 kru kapal.

Jakarta Utara, Militer.or.id   –   KRI Torani-860 Unsur Satrol Lantamal XII Jajaran Koarmada I terpilih sebagai KRI Teladan Peringkat Pertama TNI AL Tahun 2018, untuk KRI yang berada diperingkat kedua yakni KRI Banda Aceh-593 dari Kolinlamil dan peringkat ketiga KRI Diponegoro-365 dari Koarmada II.

Pemberian penghargaan tersebut diserahkan oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E, M.M., pada peringatan puncak Hari Armada RI Tahun 2018 yang berlangsung pada Rabu 5-12-2018  di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara.

KRI Torani-860 merupakan jenis kapal patroli cepat dengan ukuran panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan tinggi 15 meter. Kapal ini dibuat di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati Batam pada tahun 2015 dan diterimakan di Angkatan Laut pada 30 Maret 2017.

KRI Torani-860 dikomandani Mayor Laut (P) Taufik Pamungkas, kapal yang telah mengarungi laut sejauh 319.085,5 mil itu memiliki 36 kru kapal. Selain memiliki beberapa peralatan pendukung seperti nafigasi radar, daya ekosolder, panel lampu nafigasi dan lainnya, kapal ini juga dilengkapi dengan persenjataan berupa meriam otomatis kaliber 30 mm jenis kanon Marlin WS di haluan, serta meriam kaliber 12,7 mm.

Kelebihan dari kapal ini adalah meriam kaliber 30 mm yang dapat beroperasi secara otomatis yang dilengkapi kamera jarak jauh, sensor siang dan malam dan berbagai kelengkapan kecanggihan lainnya.

Dalam penentuan penilaian terpilihnya kapal perang terbaik meliputi 3 aspek yang menjadi fokus penilaian yaitu aspek operasi, aspek material, dan aspek personel. Aspek Operasi meliputi bagaimana proses Penghentian, Pemeriksaan dan Penahanan (Henrikhan), Efisiensi Operasi (Eops), serta jam layar.

Aspek Material menyangkut kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi, sedangkan Aspek Personel berkaitan dengan kesiapan, keterampilan serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan dalam pengawakan KRI. Juga tidak lupa adanya penilaian atas masalah kebersihan maupun kerapian KRI dan pemeliharaan serta perawatan KRI juga menjadi bagian dari penilaian.

Selain itu, 2 Lanal Jajaran Koarmada I juga mendapatkan predikat sebagai Lanal Teladan 2018 yakni Lanal Dumai meraih Lanal Teladan Terbaik Kedua dan Lanal Batam meraih Lanal Teladan Terbaik Ketiga, sementara Lanal Teladan Terbaik Pertama diraih oleh Lanal Kotabaru Jajaran Koarmada II. (Dispen Koarmada I).

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *