Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Norwegia Rencanakan Penyelamatan Fregat HNM Helge Ingstad

Rencana penyelamatan aset fregat HNM Helge Ingstad © Angkatan Laut Norwegia via Naval Today

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan Norwegia telah membagi rencana rinci dan ilustrasi, tentang bagaimana caranya untuk menyelamatkan HNM Helge Ingstad yang telah terduduk di dasar laut di fjord Hjeltefjorden setelah bertabrakan dengan kapal tanker pada 8 November silam, seperti diberitakan Naval Today.

Sementara itu, rencana tersebut tidak memberikan jadwal waktu kapan operasi akan berlangsung, karena semua tergantung pada kondisi cuaca dan stabilitas kapal, hal itu menggambarkan bagaimana pengangkatan dan prosedur transportasi akan dilakukan nantinya.

Untuk mengingatkan, HNM Helge Ingstad bertabrakan dengan kapal tanker Sola TS di fjord Hjeltefjorden dekat Bergen pada 8 November. Setelah tabrakan, semua kru yang berjumlah 137 orang telah dievakuasi sementara fregat itu sengaja didudukkan untuk mencegahnya tenggelam dan terseret arus air laut.

Namun pada malam antara 12 dan 13 November, fregat itu tergelincir dari bebatuan ke air yang lebih dalam, terlepas dari fakta bahwa itu telah diamankan untuk recovery ke darat dengan kawat baja.

Sementara fregat kemungkin bisa dibongkar dan dimusnahkan karena sebagian besar sistem kritis kapal telah berada dibawah air laut dalam waktu cukup lama, Angkatan Laut Norwegia masih berencana untuk menaikkan kapal itu dan mengangkutnya ke pangkalan angkatan laut Haakonsvern.

Fregat HNM Helge Ingstad akan di recovery oleh kapal angkat berat Rambiz Belanda dan dimuat ke BoaBarge 33/34 semi-submersible untuk diangkut ke pangkalan.

Kementerian Pertahanan Norwegia mengumumkan pada hari Senin bahwa penyelam telah menyelesaikan pemindahan seluruh rudal dari fregat itu menjelang operasi.

Foto-foto di bawah ini (milik kementerian pertahanan Norwegia) telah memberikan gambaran langkah demi langkah dari upaya yang akan dilaksanakan tersebut.

HNM Helge Ingstad telah stabil untuk waktu yang lama menurut angkatan laut, dan diamankan untuk dibawa ke darat dengan kawat baja © Kemhan Norwegia via Naval Today

Langkah pertama dari operasi penyelamatan dengan mengirim penyelam mengebor lambung fregat untuk menguras tangki bahan bakar dan meletakkan rantai yang akan digunakan untuk mengangkat kapal © Kemhan Norwegia via Naval Today

Perencanaan operasi akan didasarkan pada sejumlah besar data dan perhitungan matang © Kemhan Norwegia via Naval Today

Seperti yang ditunjukkan ilustrasi, fregat akan diposisikan secara perlahan ke atas sebelum dimuat ke tongkang © Kemhan Norwegia via Naval Today

Sekali di waterline normal, fregat akan dipindahkan ke tongkang © Kemhan Norwegia via Naval Today

Setelah diamankan ke tongkang, HNM Helge Ingstad akan diangkut ke pangkalan Haakonsvern © Kemhan Norwegia via Naval Today

HNM Helge Ingstad akan diangkut ke pangkalan Haakonsvern © Kemhan Norwegia via Naval Today

Kementerian Pertahanan Norwegia awalnya memperkirakan bahwa menaikkan serta mengangkut fregat menuju ke pangkalan angkatan laut akan diselesaikan pada minggu pertama bulan Desember. Tidak jelas apakah prosedur ini akan selesai dalam kerangka waktu yang ada.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *