Ternyata Militer China Berlatih Juga di India

Personel militer China dan India berlatih bersama © Indian Express

Militer.or.id – Sebagai pertanda peningkatan hubungan India-China, seorang Kolonel senior Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) saat ini berada di India untuk kursus selama setahun dalam manajemen militer, sebagaimana dilansir dari laman Indian Express.

Sumber mengatakan bahwa perwira PLA saat ini menjalani pelatihan dengan College of Defense Management di Secunderabad, Telangana. Dia tiba di bulan Maret 2018. Suatu tanda lain dari pencairan hubungan, militer kedua negara ini akan mengadakan latihan militer kontra-terorisme bernama ‘Hand in Hand’ di Chengdu pada 10-23 Desember. India akan mengirimkan 130 tentara dari Sikh Light Infantry Ke-11.

HARUS BACA :  Latihan Batalyon Mekanis Indonesia - Australia

India dan China telah saling bertukar personel untuk mengikuti kursus di korps militer mereka tetapi itu dihentikan setelah defisit kepercayaan antara kedua negara, terutama pasca 73 hari insiden di Doklam, Bhutan, tahun lalu.

“Ini perkembangan yang bagus. India dan China adalah negara-negara dewasa yang berkomitmen untuk meningkatkan hubungan lebih lanjut”, kata Letnan Jenderal (Purn) SL Narsimhan,  anggota Dewan Penasihat Keamanan Nasional di India.

Dia pun mengatakan lebih banyak kegiatan seperti itu akan menghasilkan peningkatan saling pengertian diantara militer kedua negara.

HARUS BACA :  Prajurit Baru Cakra Mengenali Sejarah dan Cikal Bakal Kostrad
HARUS BACA :  Latihan Batalyon Mekanis Indonesia - Australia

Pertukaran perwira telah dimulai sejak 20 tahun silam yang memiliki banyak peminat. Pertukaran maksimum terjadi pada tahun 2003, dimana perwira masing-masing dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara India pergi dari India ke China untuk kursus di lembaga militer China.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Kementerian Pertahanan Rusia Segera Peroleh 14 Su-30SM

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  MBT Leopard 2 SG Singapura Gilas Mobil SUV