Ternyata Militer China Berlatih Juga di India

Ternyata Militer China Berlatih Juga di India

Personel militer China dan India berlatih bersama © Indian Express

Militer.or.id – Sebagai pertanda peningkatan hubungan India-China, seorang Kolonel senior Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) saat ini berada di India untuk kursus selama setahun dalam manajemen militer, sebagaimana dilansir dari laman Indian Express.

Sumber mengatakan bahwa perwira PLA saat ini menjalani pelatihan dengan College of Defense Management di Secunderabad, Telangana. Dia tiba di bulan Maret 2018. Suatu tanda lain dari pencairan hubungan, militer kedua negara ini akan mengadakan latihan militer kontra-terorisme bernama ‘Hand in Hand’ di Chengdu pada 10-23 Desember. India akan mengirimkan 130 tentara dari Sikh Light Infantry Ke-11.

India dan China telah saling bertukar personel untuk mengikuti kursus di korps militer mereka tetapi itu dihentikan setelah defisit kepercayaan antara kedua negara, terutama pasca 73 hari insiden di Doklam, Bhutan, tahun lalu.

“Ini perkembangan yang bagus. India dan China adalah negara-negara dewasa yang berkomitmen untuk meningkatkan hubungan lebih lanjut”, kata Letnan Jenderal (Purn) SL Narsimhan,  anggota Dewan Penasihat Keamanan Nasional di India.

Dia pun mengatakan lebih banyak kegiatan seperti itu akan menghasilkan peningkatan saling pengertian diantara militer kedua negara.

Pertukaran perwira telah dimulai sejak 20 tahun silam yang memiliki banyak peminat. Pertukaran maksimum terjadi pada tahun 2003, dimana perwira masing-masing dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara India pergi dari India ke China untuk kursus di lembaga militer China.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *