Rusia Peringatkan Siprus Tentang Penempatan Militer AS

Rusia Peringatkan Siprus Tentang Penempatan Militer AS

Tank tempur utama M1A1 Abrams Angkatan Darat Amerika Serikat. © Sgt. Leon Cook (U.S. Army)

Rusia pada hari Rabu memperingatkan pihak berwenang di Siprus agar tidak mengizinkan militer AS untuk menempatkan militer di wilayah mereka, mengatakan langkah seperti itu akan menarik reaksi Rusia dan mengakibatkan “konsekuensi berbahaya dan tidak stabil” bagi pulau Mediterania.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa Moskow telah mengetahui apa yang disebutnya “rencana anti-Rusia” yang melibatkan Siprus dan militer AS yang katanya mengincar pembentukan pangkalan operasi ke depan bagi pasukannya di sana.

“Kami mendapatkan informasi dari berbagai sumber bahwa Amerika Serikat secara aktif mempelajari opsi untuk membangun kehadiran militernya di Siprus,” kata Zakharova dalam jumpa pers di Moskow.

“Tujuannya tidak disembunyikan – untuk melawan pengaruh Rusia yang tumbuh di wilayah tersebut dalam terang operasi yang sukses oleh militer Rusia di Suriah.”

Tidak ada tanggapan AS segera atas komentarnya.

Juru Bicara Pemerintah Siprus, Prodromos Prodromou, mengatakan bahwa pulau itu tidak memiliki keinginan untuk melakukan militer lebih lanjut.

“Kami ingin mengklarifikasi bahwa itu tidak pernah menjadi tujuan kami, kami juga tidak mencari militerisasi Siprus,” katanya, menanggapi pernyataan Zakharova.

“Republik Siprus, karena posisi geografisnya yang menguntungkan, menawarkan fasilitas untuk misi yang bersifat kemanusiaan, dan kemudian hanya dalam kasus di mana negara membuat permintaan atau memiliki MOU yang relevan (memorandum of understanding) dengan Republik.”

Zakharova mengatakan bahwa delegasi AS telah memeriksa lokasi-lokasi potensial untuk pangkalan-pangkalan itu dan bahwa Washington terlibat dalam pembicaraan intensif dengan Nicosia tentang perluasan kerjasama militer.

Siprus merupakan tujuan populer bagi wisatawan dan para orang kaya Rusia atau memiliki properti di sana. Pulau itu, bekas koloni Inggris, menjadi tuan rumah dua pangkalan militer Inggris. Amerika Serikat memiliki kedutaan di Nikosia.

Siprus terpecah oleh invasi Turki pada tahun 1974 yang mengikuti kudeta yang terinspirasi Yunani. Siprus Utara sekarang adalah negara Siprus Turki sekitar 300.000 orang yang hanya diakui oleh Turki. Orang Siprus Yunani menjalankan pemerintahan yang diakui secara internasional di pulau yang mewakili seluruh pulau di Uni Eropa.

Media Siprus mengatakan bahwa pulau itu baru-baru ini menunjuk atase militer ke Washington.

Zakharova mengatakan Rusia telah berulang kali memperingatkan pihak berwenang Siprus untuk tidak mengizinkan pulau itu untuk dimiliterisasi lebih lanjut.

“Itu ditarik ke dalam rencana AS dan NATO di Mediterania timur dan Timur Tengah pasti akan mengarah pada konsekuensi berbahaya dan tidak stabil untuk Siprus itu sendiri,” katanya.

“Di Moskow kami tidak dapat mengabaikan elemen anti-Rusia dalam rencana (AS) ini dan jika mereka dilaksanakan kami akan dipaksa untuk mengambil langkah-langkah balasan.”

Sumber: The Moscow Times

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *