Gunakan Sistem Baru, AYU’18 Dapat Apresiasi Kasau

Gunakan Sistem Baru, AYU’18 Dapat Apresiasi Kasau
Gunakan Sistem Baru, AYU'18 Dapat Apresiasi Kasau
Gunakan Sistem Baru, AYU’18 Dapat Apresiasi Kasau (TNI AU)

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., memberi apresiasi pelaksanaan latihan posko (Latposko) Angkasa Yudha 2018 (AYU’18). Latihan yg berlangsung selama sepekan ini, telah menorehkan sejarah baru, dengan melatihkan dua pihak dikendalikan serta pertama kalinya menggunakan aplikasi Soyus (sistem olah yudha Seskoau) sebagai visualisasi komputer terhadap skenario pertempuran udara yang telah direncanakan oleh kedua belah pihak (wargaming).

“Hasil visualisasi sistem Soyus menggambarkan betapa pentingnya sebuah perencanaan, taktik dan strategi perang udara,” kata Kasau, sebagaimana dialansir dari laman TNI AU (7/ 12).

Kasau mengatakan hal tersebut dalam sambutannya saat menutup Latposko AYU’18 di Kesatrian Seskoau Lembang Bandung, Jumat (7/12/2018).

Kasau menambahkan, doktrin perang udara selain harus dievaluasi, juga perlu diuji dengan sistem Soyus untuk menerjemahkan skenario latihan.

Kasau berharap Soyus tidak hanya digunakan pada latihan puncak Angkasa Yudha, namun hendaknya dapat digunakan untuk seluruh latihan/geladi posko yang ada di TNI Angkatan Udara, termasuk diaplikasikan pada olah yudha perwira siswa Seskoau.

Meskipun latihan ini tidak menerapkan manuver lapangan, namun pelaksanaan metode geladi posko dan Tactical Air Maneuvre Game (TAMG) tetap dapat dilaksanakan dengan maksimal, khususnya dalam kemampuan penentuan cara bertindak terbaik.

Sebelum menutup latihan, Kasau menyaksikan war gaming yang menggunakan aplikasi Soyus.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga kepada seluruh pelaku latihan beserta wasit dan pengendali, meskipun dihadapkan dengan sistem baru tetapi mampu menggunakannya dengan baik,” tambah Kasau.

Hadir pada acara tersebut para Asisten Kasau, para Panglima Kotama TNI AU, Dankorpaskhasau, Dankoharmatau, Danseskoau dan para pejabat TNI AU lainnya.

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *