TNI AU dan ‘Soyus Wargaming System’

1
299

7 Desember 2018, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., memberikan apresiasi pelaksanaan Latposko Angkasa Yudha 2018. Latihan yang berlangsung selama sepekan tersebut menggunakan aplikasi Soyus (Sistem Olah Yudha Seskoau).

Dilansir dari laman Infoglobal Blog (27 Januari 2007), Aplikasi Soyus atau Soyus Wargaming System merupakan aplikasi permainan/ simulasi perang, khususnya untuk peralatan belajar siswa/ pasis Sekolah Komando TNI AU (Seskoau).

Soyus berbasis peta udara, berdasar kurikulum pendidikan Seskoau (atau sekolah komando pada umumnya), dan merupakan bagian strategic (pembuatan rencana operasi) dan juga dinamic (bagian simulasi untuk menjalankan dan menjajal rencana operasi) dari wargaming system.

Sistem ini sedang diimplementasikan di Sekolah Komando TNI AU.

HARUS BACA :  Pesawat T-50 akan Diupgrade Menjadi Pesawat Tempur FA-50

Aplikasi Soyus

Selain Soyus, Infoglobal juga membangun TDAS (Transmission Data Air Situation).

TDAS merupakan aplikasi yang mengawinkan data tangkapan radar udara, baik sipil maupun militer. Data yang tertangkap berupa data lalu-lintas pesawat yang melintas dalam wilayah udara nasional. Data tersebut kemudian ditampilkan pada sebuah Display System.

Sistem ini telah menghubungkan data radar di seluruh KOSEK di wilayah Indonesia, baik Medan, Jakarta, Makasar, maupun Biak. Integrasi dari seluruh data tersebut merupakan gambaran situasi lalu-lintas udara nasional yang sangat berguna bagi keperluan monitoring pihak yang berwenang khususnya dari aspek pertahanan udara nasional (dalam hal ini KOHANUDNAS).

HARUS BACA :  Skadron Udara I Sukses Latihan Tempur di Lanud RSN

Ada lagi Mobile SOC, yang merupakan derivasi dari TDAS, berupa peralatan penangkap data radar udara yang terintegrasi dengan sebuah Display System. Peralatan tersebut dipasang pada sebuah kendaraan khusus, sehingga memungkinkan untuk mobile dan mudah berpindah tempat.

Di Latposko Angkasa Yudha 2018 ini, Soyus-lah yang memberi gambaran betapa pentingnya sebuah perencanaan, taktik dan strategi perang udara bagi TNI AU di masa yang akan datang.

HARUS BACA :  Yonif R 509 Kostrad Tingkatkan Kemampuan Menembak

All photos by Infoglobal

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here