Mampukah AS dan NATO Atasi Pertahanan Rusia? – Militer.or.id

Tentara Belgia turut serta dalam latihan NATO, Trident Juncture 18 © Kopral Sedeyn Ritchie

Militer.or.id – Amerika Serikat dan NATO yakin bahwa Kaliningrad dan Krimea adalah wilayah kekuasaan Rusia yang paling terkonsentrasi, dan kini telah mengambil tindakan terhadap mereka.

Moskow memiliki kekuatan pertahanan yang sangat kuat yang memungkinkan mereka untuk melawan segala bentuk ancaman eksternal yang berniat mencapai perbatasan mereka. Rusia dianggap sebagai ancaman serius bagi NATO dan Amerika Serikat, jadi berusaha menemukan cara untuk menghindari sistem pertahanan ini.

Baru-baru ini, pasukan dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengumumkan bahwa mereka telah menemukan kunci untuk bisa menghancurkan pertahanan Rusia, informasi tersebut diberikan oleh Panglima Armada Kedua Amerika Serikat, menurut Rear Admiral Andrew Lewis.

Peluncuran sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia © Russian MoD

Dia mengatakan Rusia memperluas bidang pertahanan wilayah strategisnya, yang akan menjadi wilayah di mana musuh-musuh potensialnya tidak mungkin menyerang. Tetapi sekarang Amerika dan sekutu telah menemukan cara untuk menghadapinya.

“Saya tidak akan mengungkapkan rincian rencana saya, tetapi saya yakin kami telah menemukan cara untuk dapat berfungsi secara normal dalam lingkup operasi pertahanan Rusia. Dan saya belajar bahwa kapal induk dan pasukan darat kami memiliki kemampuan ini”, sebut Lewis.

Kami memiliki rencana terperinci untuk kekuatan yang mampu dan kami akan segera mempublikasikannya ketika saatnya dibutuhkan”, tulis Business Insider, dikutip oleh Lewis.

Lewis juga menekankan bahwa NATO masih berusaha keras untuk belajar bagaimana melawan Rusia. Berbagai metode telah diuji terus-menerus dalam bertahun-tahun, dan NATO telah mencapai “kemajuan yang signifikan di bidang ini”.

Kapal Induk USS Ronald Reagan (CVN 76) akan berlabuh di North Island Naval Air Station di Coronado tanggal 6 Juli 2006. © U.S. Navy

Lewis menjelaskan mengapa aliansi NATO memusatkan perhatiannya kepada wilayah Kaliningrad dan Krimea. Menurutnya, kekuatan terbesar militer Rusia terkonsentrasi di daerah-daerah ini. Ada berbagai sistem pertahanan udara, sistem pertahanan anti-rudal dan sistem anti-kapal, serta ribuan tentara.

Selain itu, sistem pertahanan Rusia ditingkatkan dengan peralatan perang dan radar elektronik, sehingga kelangsungan hidup pasukan NATO pada daerah ini akan sangat terbatas.

Baru-baru ini, komandan Angkatan Laut AS menyatakan bahwa mereka siap untuk melawan Rusia di Krimea. Hal ini dimungkinkan ketika ada informasi bahwa kapal induk AS dan kapal perang NATO akan tiba diwilayah Laut Azov setelah ketegangan antara Rusia dan Ukraina di wilayah tersebut meningkat.

Sistem rudal S-400 Rusia menjalani pengujian vibrasi dalam berbagai kecepatan di jalan © Sergei Malgavko via TASS

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pun mengatakan bahwa dengan melakukan kosilidasi di Krimea dan memperkuat kehadiran militernya diwilayah tersebut, Moskow secara bertahap mengambil alih seluruh Laut Azov.

“Empat tahun lalu, Rusia secara ilegal bergabung dengan Krimea. Rusia sekarang mencoba menggunakan Krimea sebagai batu loncatan untuk memperluas pengaruhnya dan mengendalikan Laut Azov, bahkan hingga ke Laut Hitam”, kata Jens Stoltenberg.

Pertumbuhan militer Rusia akan sangat mempengaruhi operasi militer AS dan NATO di kawasan tersebut, sehingga aliansi berusaha untuk menghentikan Rusia.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *