AS Ancam Keluar dari INF Treaty, Rusia Pertontonkan Senjata Laser – Militer.or.id

Senjata Laser ‘Peresvet’  Rusia. (Russian Defence Ministry / youtube)

Militer.or.id – Karakteristik sistem laser canggih masih tetap merupakan rahasia, meskipun sudah dikerahkan untuk dinas militer. Sementara beberapa ahli mengharapkannya berfungsi sebagai sistem pertahanan udara, yang mampu menenggelamkan jet dan misil musuh, yang lain menyatakan senjata itu bisa digunakan dalam peperangan elektronik, membutakan sistem musuh yang canggih.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menerbitkan sebuah video, yang menampilkan proses penyebaran dan persiapan tempur untuk sistem laser tempur Rusia “Peresvet”, yang memasuki layanan tempur eksperimental dengan tentara pada 1 Desember 2018, dirilis Sputniknews.com, 5/12/2018. Setelah menjalani briefing khusus, tentara, mengoperasikan “Peresvet” “, sekarang praktekkan eksekusi tepat waktu dari semua tahapan penerapan sistem canggih.

Sedikit yang diketahui tentang sistem laser, pertama kali terungkap selama pidato Presiden Rusia Vladimir Putin kepada majelis federal pada 1 Maret 2018. Diharapkan ini menjadi sistem pertahanan udara yang dapat melacak dan menembak jatuh pesawat dan misil yang bermusuhan. Beberapa orang mengatakan akan ditugaskan dengan sistem musuh canggih yang “menyilaukan”, membuat mereka tidak bisa beroperasi. Penamaan ini dipilih oleh warga Rusia melalui voting online.

Apa yang bisa dilakukan sistem laser Peresvet? Sejauh ini, Rusia tidak memberikan informasi secara spesifik. Tetapi negara itu ingin meyakinkan Amerika bahwa jika AS menarik diri dari Perjanjian INF, (INF Treaty) seperti yang dilakukan Departemen Luar Negeri AS, Rusia siap bertindak sejauh ini untuk menyerang negara-negara Eropa jika memang demikian.

“Jika perjanjian INF dihancurkan, kami tidak akan meninggalkannya tanpa tanggapan,” kata Kepala Staf Umum Valery Gerasimov di Rusia ketika berbicara dengan para pemimpin militer. “Anda sebagai profesional militer harus memahami bahwa target pembalasan Rusia tidak akan menjadi wilayah AS tetapi negara-negara tempat rudal jarak menengah dikerahkan.”

Perjanjian INF melarang pengerahan senjata nuklir jarak menengah baru dengan kisaran antara 310 mil dan 3.400 mil (500km dan 5,500km) – jenis misil bertenaga tinggi yang akan menjadi ancaman bagi Rusia jika ditempatkan di negara-negara Eropa terdekat seperti Polandia dan Rumania.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *