Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kroasia Bantah Amerika Blokir Penjualan F-16 Bekas Israel

Kroasia membantah laporan yang mengatakan Amerika Serikat memblokir penjualan pesawat jet F-16 tua Israel ke mereka.

Menteri Pertahanan Kroasia Damir Krsticevic menegaskan bahwa Amerika Serikat telah memberi izin kepada Israel untuk menawarkan 12 jet tempur F-16 C / D Barak ke Kroasia.

“Pemerintah Amerika telah memberikan izin kepada Negara Israel untuk menawarkan F-16 Israel kepada Kroasia dan kami memiliki dokumen untuk itu,” kata Krsticevic seperti dikutip  situs web Total Croatia.

Pada hari Jumat, Channel 10 Israel melaporkan bahwa pemerintahan Trump memblokir kesepakatan senilai US$ 500 juta untuk menjual 12 jet tempur F-16 C / D Barak yang sudah tua ke Kroasia.

Juga menurut Channel 10, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membahas kesepakatan pemblokiran dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo awal pekan ini di Brussels. Pompeo dilaporkan mengatakan Menteri Pertahanan Amerika James Mattis adalah orang yang memblokir kesepakatan itu.

Washington menuduh Jerusalem menjual jet tempur F-16 yang dilengkapi dengan sistem elektronik buatan Israel yang baru dan canggih, sehingga memberikan keunggulan dibandingkan dengan jet tempur buatan Amerika.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *