Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pesawat Bomber Supersonik Rusia Berdengung Di Dekat Amerika Utara

Pesawat Bomber Supersonik Rusia Berdengung Di Dekat Amerika Utara

Pesawat Bomber Supersonik Rusia Berdengung Di Dekat Amerika Utara, militer.or.id – Sepasang pesawat pembom (bomber) supersonik Blackjack TU-160 Rusia berdengung di dekat Amerika Utara pada sari Sabtu. Manuver pesawat bomber tersebut memaksa jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Kanada melakukan intersepsi. Kala itu Militer AS sudah mengkonfirmasi kehadiran pesawat pembom Moskow tersebut.

“Dua pembom Rusia Blackjack Tu-160 tetap berada di wilayah udara internasional, tetapi dikawal oleh dua jet tempur Angkatan Udara AS F-22 dan dua jet CF-18 Kanada,” bunyi pernyataan Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara, yang lebih dikenal sebagai NORAD, yang dilansir Fox News, Minggu (27/1/2019).

Menurut NORAD, jet tempur F-22 AS diterbangkan dari pangkalan Angkatan Udara di Alaska untuk menjalankan misi intersepsi tersebut. Sesuai yang tercatat, penerbangan pembom Rusia di dekat Amerika Utara merupakan penerbangan pertama pada tahun ini. Aksi pesawat TU-160 bertepatan dengan kunjungan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg ke Washington guna bertemu dengan Menteri Luar Negeri Michael Pompeo, pelaksana tugas Menteri Pertahanan Pet Shanahan dan Penasehat Keamanan Nasional Jhon Bolton.

Kunjungan Stoltenberg ke Wahington dilakukan setelah Presiden Donald Trump mempertimbangkan menarik Amerika Serikat keluar dari NATO. Sedangkan pertemuan pesawat militer Rusia dengan AS sudah sering terjadi. Pada 2017 lalu pesawat pembom AS dengan kemampuan nuklir juga terbang di atas Laut Baltik serta cepat di intersepsi oleh jet tempur Rusia.

Demikian info terkini mengenai Berita Militer Dunia yang bisa militer.or.id rangkum.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *