Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Perjanjian Nuklir AS Dan Rusia Terancam Bubar

Perjanjian Nuklir AS Dan Rusia Terancam Bubar

Perjanjian Nuklir AS Dan Rusia Terancam Bubar, militer.or.id – Intermediate-range Nuclear Forces Treaty (INF) terancam bubar dikarenakan kedua negara belum mencapai kesepakatan setelah AS menentukan tenggat 60 hari supaya Rusia mematuhi INF pada 4 Desember 2018 lalu. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Ryabkov telah melakukan perbincangan dengan wakil Menteri AS, Andrea Thompson, guna kontrol senjata dan keamanan Internasional di Beijing, China Kami (21/1/2019). Mereka bertemu di sela-sela pertemuan puncak lima kekuatan nuklir dunia.

Pertemuan antara Ryavkov dan Thompson memang sengaja dilakukan untuk mempertahankan perjanjian INF memberikan hasil yang negatif. Pasalnya Ryabkov menilai bahwa AS memang tidak lagi ingin berada pada ketetapan perjanjian tersebut.

“AS memberlakukan periode 60 hari di mana kami harus memenuhi ultimatum mereka. Saya menyimpulkan AS tidak mengharapkan keputusan apa pun dan semua ini adalah permainan yang dibuat untuk menutupi keputusan domestik mereka menarik diri dari perjanjian INF,” ucap Ryabkov, seperti dikutip dari laman Sputnik.

Diutarakannya pernyataan itu, menurut Ryabkov, AS menolak tuntutan Rusia terkait sistem peluncuran rudal vertikal MK-41, yang telah dianggap Moskow melanggar ketentuan INF. “Tidak ada reaksi apa pun terhadap tuntutan kami terkait sistem peluncuran US MK-41 yang sudah dikerahkan ke Rumania dan akan dikerahkan ke Polandia sebagai bagian dari kompleks Aegis Ashore,” tambahnya.

Sebaliknya AS menuding Rusia telah melanggar perjanjian INF dengan memiliki rudal 9M729, dalam hal ini Moskow menyangkal tuduhan tersebut. Sikap AS ini sangat disesalkan oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov. “Logika semua pendekatan AS yang disuarakan kemarin hanya itu, ‘Anda melanggar perjanjian, kami tidak melanggar, oleh karena itu Anda, Rusia, wajib melakukan apa yang kami minta dari Anda dan kami tidak harus melakukan apa pun,” pungkasnya.

Demikianlah Kabar Berita Militer Terbaru yang bisa militer.or.id simpulkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *