Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Untuk Melawan Aktivitas Rusia, Inggris Tumpuk Militer Di Arktik

Untuk Melawan Aktivitas Rusia, Inggris Tumpuk Militer Di Arktik

MILITER.OR.ID, LONDON – Untuk Melawan Aktivitas Rusia, Inggris Tumpuk Militer Di Arktik. Berita ini diumumkan oleh Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson pada hari Minggu bahwa kehadiran militer negaranya di Kutub Utara (Arktik) akan ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk melawan ativitas Rusia yang berada di wilayah tersebut.

“Apakah itu mempertajam keterampilan kami dalam kondisi di bawah nol, belajar dari sekutu lama seperti Norwegia atau memantau ancaman kapal selam dengan pesawat Poseidon kami, kami akan tetap waspada terhadap tantangan baru,” kata Williamson, dilansir The Telegraph, Senin (18/2/2019).

Gavin juga mengatakan bahwa pesawat P8 Poseidon baru akan digunakan untuk membatasai kapal selam Rusia di wilayah Arktik. Pernyataan tersebut dibuat pada saat berkunjung ke pangkalan bari Marinir Kerajaan Inggris di daerah Badufoss, Norwegia Utara.

Dalam hal ini Marinir dari Kerajaan Inggris juga mengerahkan setidaknya 1.000 tentara ke Norwegia setiap tahun. Tepatnya selama periode 10 tahun sebagai langkah pelatihan. Williamson juga menuturkan bahwa pengiriman tentara tersebut sesuai dengan kesepakatan antar dua negara.

Terdapat sembilan pesawat P8 Poseidon Inggris akan dikerahkan pada Pangkalan Udara Royal Air Force Lossiemouth di Skotlandia pada tahun 2020. Pengerahan ini dilakukan untuk pengintaian di Atlantik Utara dan di Arktik.

Sementara itu, pada hari sabtu Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov  mengatakan bahwa Moskow mencatat terdapat peningkatan militer aliansi NATO di Kutub Utara.

“Kami mencatat peningkatan kegiatan anggota NATO. Kami membahas ini dengan tetangga kami, Norwegia. Kami ingin memahami mandat seperti apa yang akan dimiliki NATO di Kutub Utara,” kata Lavrov, di sela-sela Konferensi Keamanan Munich.

Demikian Kabar Militer Terkini yang bisa militer.or.id laporkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *