Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

China Meningkatkan Tekanan Militer Terhadap Taiwan

China Meningkatkan Tekanan Militer Terhadap Taiwan

MILITER.OR.ID, BEIJING – China Meningkatkan Tekanan Militer Terhadap Taiwan. Dilansir dariVOA hari Senin (25/2/2019), China akan meningkatkan tekanan militer, diplomatik, dan tekanan lain terhadap Taiwan supaya memenuhi permintaan Presiden Xi Jinping pada Januari lalu. Dikatakatn oleh seorang pembuat kebijakan China di Taipei, Hal ini dilakukan supaya kedua pihak bersatu.

Menurut data Dewan Urusan Daratan, saat ini China masih mengklaim kedaulatannya atas Taiwan, namun pulau tersebut bangga dengan pemerintahannya sendiri, serta 83 persen orang taiwan senang akan hal tersebut.

Sedangkan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang terpilih pada tahun 2016 lalu menolak syarat Beijing untuk berdialog bahwa kedua pihak menganggap diri masing-masing sebagai bagian dari satu China. Beijing memberikan tanggapan dengan memutus dialog, mengerahkan pesawat-pesawat militernya melintasi wilayah udara Taiwan serta armada kapal induknya melintasi Selat Taiwan. Tepatnya tahun lalu, Beijing meluncurkan setidaknya 31 insentif untuk memikat orang Taiwan agar bekerja, belajar, dan berinvestasi.

Pada 2 januari lalu terdapat pernyataan yang disiarkan langsung melalui internet, Xi menyampaikan kedua pihak harus mengupayakan model unifikasi “satu negara, dua sistem” yang telah diterapkan pemerintahnya terhadap Hongkong pada tahun 1997. China mengungkap bahwa tahun tersebut telah memberikan otonomi lokal kepada bekas koloni Inggris. Dalam hal ini Xi juga menyampaikan bahwa China tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan, bila perlu supaya Taiwan bersatu.

Opsisi utama Partai Nasionalis dalam pernyataannya hari senin mengatakan, pihaknya telah membuka “pusat layanan dialog kota lintas-selat” bagi walikota dan pimpinan daerah yang menginginkan hubungan dengan China. Hal ini karena “Dialog antara pemerintah China daratan dan taiwan kini terhenti.”

Demikianlah Berita Militer Internasional yang bisa militer.or.id laporkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *