Teknologi Gripen 100% Buatan Swedia, Mitos Atau Fakta?

2
1091

Tentu saja, hal ini juga bisa membuat negara sumber teknologi tersebut memiliki “hak veto” dalam setiap penjualan Gripen. Contohnya adalah gagalnya penjualan Gripen ke Argentina menyusul penolakan Inggris yang merupakan supplier dari berbagai komponen didalam Gripen.

Teknologi Gripen 100% Buatan Swedia, Mitos Atau Fakta?
Teknologi Gripen 100% Buatan Swedia, Mitos Atau Fakta?

Sejauh ini, terdapat tiga versi dari Gripen. Versi aslinya adalah Gripen A/B yang merupakan teknologi akhir 80-an dan awal 90-an. Kemudian Gripen C/D yang merupakan pesawat tempur berteknologi akhir 90-an awal 2000-an. SAAB saat ini sedang mengembangkan versi tercanggih dari pesawat tempur ini yaitu Gripen E/F alias Gripen NG. Versi ini akan melengkapi AU Swedia dana AU Brazil.

HARUS BACA :  Royal Malaysian Navy Selects Terma SCANTER Radar for LEKIU-class Frigates

Varian Gripen E/F memiliki jarak jangkau lebih jauh dan kemampuan gotong senjata yang lebih besar. Selain itu dari sisi avionik, Gripen E/F ini juga lebih canggih dari pada pendahulunya. Dengan dilengkapi radar canggih buatan Inggris Selex Raven ES-05 yang merupakan radar AESA (active electronically scanned array radar), Gripen E/F sudah mampu melakukan pertempuran udara secara networked, alias terhubung dalam suatu network dan bisa berbagi pakai data antar pesawat. Radar ini adalah salah satu keunggulan Gripen E/F dengan, katakanlah Su-35 yang masih menggunakan radar tipe PESA.

HARUS BACA :  11 Kendaraan Militer Paling Menarik Era Perang Dunia I

Gripen NG ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pendahulunya. Jadi bisa dibilang bahwa Gripen E/F ini tidak sekedar pesawat lama yang diupgrade, tetapi sudah merupakan rancangan yang sama sekali baru. [Bersambung Ke Halaman Berikut]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here